Tradisi Labuan di Pantai Goa Cemara Pada Satu Suro

- 4 Agustus 2022, 12:30 WIB
Tradisi Labuan di Pantai Goa Cemara Pada Satu Suro
Tradisi Labuan di Pantai Goa Cemara Pada Satu Suro /Pemkab Bantul

BERITA BANTUL - Satu Suro atau bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender hijriyah, biasa diperingati dengan melakukan tradisi-tradisi mengucapkan doa dan rasa syukur.

Hal tersebut juga dilakukan oleh warga masyarajat Sanden Bantul, para warga riuh mulai berkumpul di Balai Padukuhan Patihan, Desa Gadingsari, Sanden, Bantul.

Mereka menggunakan busana adat, berdandan lain dari hari biasanya. Suasana hangat menyelimuti interaksi diantara mereka.

Baca Juga: FKUB Kabupaten Bantul Perkuat Kebhinekaan dan Jaga Kelestarian Alam, Lepas Tukik di Pantai Goa Cemara

Rupanya hari itu adalah hari yang istimewa bagi masyarakat Jawa khusunya yakni, 1 Suro atau 1 Muharram.

Sebagaimana dikutip dari laman Pemkab Bantul, Mengawali tahun baru, masyarakat Jawa banyak mengisi momen tersebut dengan kegiatan-kegiatan yang sakral berbalut nuansa adat yang kental.

Doa serta pengharapan dipanjatkan agar dalam mengrungi hidup di tahun yang baru, senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, rezeki yang mencukupi dan keberkahan. Begitu pula yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah pesisir pantai Goa Cemara. 

Alat musik yang dibawa oleh bregada mulai ditabuh, tanda kirab akan segera dimulai. Peserta membentuk barisan memanjang ke belakang, terdiri dari , nelayan, kelompok tani, ibu-ibu PKK, pokdarwis, dan berbagai unsur yang lain.

Dipimpin para pembawa panji yang merupakan karangtaruna, peserta kirab budaya berjalan kurang lebih 2,5 km menuju ke pesisir Pantai Goa Cemara. 

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x