Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta

- 31 Oktober 2022, 17:02 WIB
Kisah Mbah Mufid Mas'ud Pandanaran Rajin Ziarahi Makam Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen
Kisah Mbah Mufid Mas'ud Pandanaran Rajin Ziarahi Makam Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen /Tangkapan Layar Facebook/ KMF

RELIGION Pondok Pesantren Sunan Pandanaran didirikan oleh Al-Maghfurlah Al-‘Alim Al-Khafidz KH. Mufid Mas’ud dan istrinya Ny. Hj. Jauharoh Munawwir. Pondok Pesantren Sunan Pandanaran trletak di Jl. Kaliurang KM. 12, Turen, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

KH Mufid Mas’ud merupakan keturunan dari Kanjeng Sunan Pandanaran di Bayat. KH. Mufid Mas’ud keturunan orang luhur tetapi Beliau adalah keturunan dari pegawai batik. Tetapi Ayah KH. Mufid Mas’ud yang bernama KH. Ali Mas’ud tidak mau mempunyai anak seperti Beliau yang hanya sebagai pegawai, apalagi istrinya merupakan keturunan dari Keraton Solo. 

PPSPA didirikan pada tanggal 20 Desember 1975 di Dusun Candi Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Yang mana sekarang di teruskan oleh KH. Mu’tashim Billah yang merupakan putra dari KH. Mufid Mas’ud. 

KH. Mufid Mas’ud dilahirkan di Solo pada tahun 1928 pada hari Ahad Legi 25 Ramadhan, Beliau wafat pada tanggal 2 April 2007 silam lalu dimakamkan di Yogyakarta. 

Berdiri di atas tanah wakaf yanag berukuran sekitar 2000 meter persegi dengan bangunan di atasnya yang berupa sebuah rumah dan sebuah masjid, area yang sekaran disebut dengan komplek satu.

Di kutip dari: Berita Laduni  

PPSPA memiliki 10 komplek asrama yang trpisah-pisah, dengan jumlah santri yanag cukup banyak yaitu 1000 santri. 

PPSPA sealain mendidik santrinya untuk mengaji dan belajar tentang agama Islam, tapi PPSPA juga menyediakan pendidikan formal yang berupa:

1. Raudhatul Athfal Sunan Pandanaran.

2. Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran. 

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x