Pada Penasaran Nggak Sih Puasa Sunnah Senin Kamis Itu Manfaatnya Apa Saja? Ternyata Efeknya Sangat Positif Loh

- 19 November 2022, 17:57 WIB
Puasa Syawal.
Puasa Syawal. /mohamed_hassan/ Pixabay

RELIGION-Tidak hanya bekal pahala untuk di akhirat klak, manfaat puasa Senin Kamis juga bagus untuk kesehatan. Karena hari Senin merupakan hari ketika Rasulullah Saw dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah Swt.

Puasa Ramadhan memang menjadi kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah, akan tetapi hikmah dari puasa Senin Kamis dan lainnya bisa jadi sempurna keimanan seseorag.

Rasulullah Saw pernah bersabda, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” [HR. Tirmidzi].

Baca Juga: Pentingnya Membaca Do’a Bagi Kehidupan Sehari-Hari.

Banyak orang melaksanakan puasa Senin Kamis untuk menpatkan keberkahan dari Allah Swt.

Namun selain untuk memperoleh keberkahan, manfaat puasa Senin Kamis juga sangat baik untuk kesehatan.

Yuk simak selanjutnya apa aja sih manfaat puasa Senin Kamis:

  1. Bisa mengontrol hawa nafsu, seperti yang sudah tertuang dalam hadist, ketika Rasulullah Saw memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah. Namun mereka belum mempunyai kecukupan maka mereka dianjurkan untuk berpuasa oleh Rasulullah Saw.

Baca Juga: 7 Contoh Lahan Sempit Kolam Ikan Mini di Teras Rumah, Hunian Jadi Sejuk.

  1. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur, bisa menimbulkan rasa empati terhadap orang lain bagi orang tersebut. Terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi minim keberuntngan dibandingkan kita. Dengan berpuasa Senin Kamis kita akan lebih tahu cara bagaimana mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.
  2. Terhindar dari godaan setan, dengan berpuasa Senin Kamis hal ini adalah cara ibadah terbaik untuk menghadang upaya setan mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia. Dengan begitu kamu bisa meminimalkan pengaruh-pengaruh setan terhadap manusia seperti, berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal yang dilarang Allah Swt.
  3. Meremajakan sel-sel kulit, meski dengan kondisi tubuh yang tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi namun, sel-sel yang ada bisa sedikit beristirahat. Karena, mereka tidak lagi bekerja terus menerus ketika perut terisi dengan berbagai macam asupan. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada peremajaan kulit sehingga kulit akan tetap kencang.
  4. Dapat menyehatkan gigi, dimana dalam berpuasa gigi sudah pasti akan terasa lebih bersih karena kita tidak melakukan kegiatan makan-makanan yang berlebihan. Namun tetap saja sebaiknya jika kalian tengah berpuasa harus menggosok gigi setelah selesai menyantap hidangan sahur ri pagi hari. Pasta gigi akan terlihat tampak putih juga jauh lebih sehat.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sebutkan, semoga bermanfaat bagi kita semua. ***

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Laduni.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x