Pergolakan Pemikiran di Jantung Tradisi NU Bersumber dari Keilmuan Pesantren

- 5 Desember 2022, 11:45 WIB
Pergolakan di Jantung Tradisi NU Bersumber dari Keilmuan Pesantren
Pergolakan di Jantung Tradisi NU Bersumber dari Keilmuan Pesantren /facebook/udin/

SEJARAH - Pergolakan di Jantung Tradisi NU Bersumber dari Keilmuan Pesantren.

Sejah tahun 1980-an, terjadi pergolakan pemikiran di jantung tradisi NU. Itu semua tak lain karena keilmuan pesantren yang dinamis dan dahsyat.

Keilmuan pesantren punya otoritas yang kuat dalam memberikan penjelasan kepada publik, karena diakui dunia intenasional.

Baca Juga: Tarekat Apa yang Diamalkan Gus Dur? Beginilah Jalan Spiritual yang Ditempuhnya

Dijelaskan, bahwa pergumulan pemikiran NU dewasa ini memiliki tempat yang memadai di kalangan anak muda NU. Ini disadari bahwa laju perkembangan NU dalam sejarahnya tidak terlepas dari ikhtiar kaum muda NU dalam mengekpresikan dan menjawab tuntutan zaman.

Terlebih dengan menitikberatkan pada upaya pembentukan kader NU yang ideal, yaitu kader yang selain memilii keterampilan atau keahlian juga memiliki kurang kesadaran kosmologi yang luas dan toleran, serta memiliki pola pikir yang jernih.

Demikian pula merujuk pada kaidah dinamika kehidupan yang kedap pada perubahan, setiap zaman dan komunitas selalu memiliki pandangan kosmologi, yakni kesadran tentang realitas kehidupan.

Respon terhadap berbagi peristiwa sosial, politik, ekonomi dan budaya yang dianggap aktual untuk zamannya tidak lebih merupakan dialog sistem pengetahuan keislaman dengan modernitas.

Hadirnya modernitas di tengah lingkungan kaum muda NU dalam kenyataannya tidak hanya dimaknai dan berhubungan dengan Tuhan, tetapi juga dengan alam dan masyarakat.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Al Hallaj Menuntut Ilmu kepada Para Guru, Sebuah Pengembaraan Sufisme

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x