Pengetahuan Tentang Ilmu dan Teori dalam Komunikasi

- 5 Januari 2023, 16:19 WIB
6 Faktor Sinyal HP yang Hilang Secara Total
6 Faktor Sinyal HP yang Hilang Secara Total /Tips Pintar/

KOMUNIKASI-Terdapat banyak definisi tentang ilmu dirumuskan oleh para ahli. Masing-masing mempunyai penekanan arti yang berbeda satu dengan lainnya. Empat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu adalah pengetahuan yang brsifat uum dan sistematik, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum. (Nazir, 1998).
  2. Konsep ilmu dasarnya mencakup tiga hal: adanya rasionalitas, dapat digenerasikan, dan dapat disistematisasi. (Shapere, 1974).
  3. Pengertian ilmu mencakup logika, adanya Interpretasi, subjektif, dan konsisten dengan realitas sosial. (Alferd Achutz, 1962).
  4. Ilmu tidak hanya merupakan suatu pengetahuan yang terhimpun secara sistematis, tapi juga merupakan tentang suatu metodologi. (Tan, 1954).

Baca Juga: Hasil Pertemuan Gibran dan Pihak Keraton Solo: Dua Kubu Bersatu, Sangga Buwana Prioritas Pembangunan. 

Dari empat definisi di atas dapatlah disimpukan bahwa ilmu pada dasarnya adalah pengetahuan tentang suatu hal, baik yang mnyangkut alam atau sosial, yang diperoleh manusia melalui proses berpikir.

Pengertian ilmu dalam dunia ilmiah menurut tiga ciri. Pertama, ilmu harus merupakan suatu pengetahuan yang didasarkan pada logika. Kedua, ilmu harus terorganisasikan secara sistematik. Ketiga, ilmu harus berlaku umum.

Menurut Berger dan Chaffe, ilmu komunikasi adalah ilmu penegtahuan tentang produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang.

Baca Juga: Nasib Drive Gocar yang Mengancam Datangi Rumah Penumpang Jika Diberi Bintang 1, Akun Dinonaktifkan. 

Pengertian ilmu komunikasi menurut Berger dan Chaffe memberikan tiga pokok pikiran. Pertama, objek pengamatan yang menjadi fokus perhatian dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang dalam konteks kehidupan manusia.

Kedua, ilmu komunikasi bersifat ilmiah-emperis dalam arti pokok-pokok pikiran dalam ilmu komunikasi dalam bentuk-bentuk teori harus berlaku umum. Ketiga, ilmu komunikasi bertujuan menjelaskan fenomena sosial yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.

Secara umum istilah teori dalam ilmu sosial mengandung beberapa pengertian sebagai berikut:

  1. Teori adalah abstraksi dan realistis.
  2. Teori terdiri dari sekumpulan prinsip dan definisi yang secara konseptual mengorganisasikan aspek-aspek dunia empiris secara sistematis.
  3. Teori terdiri dari asumsi-asumsi, proporsional, dan aksioma dasar yang saling berkaitan.
  4. Teori terdiri dari teorema, yakni generalisasikan yang diterima terbukti secara empiris.

Dari pengertian-pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa teori dasarnya merupakan konseptualisasi atau penjelasan logis dan empiris tentang suatu fenomena.***

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: teknologi.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x