Dimensi Pribadi dan Relasional Individu dalam Komunikasi Antar Pribadi

- 5 Januari 2023, 16:26 WIB
hadiah
hadiah /google/

KOMUNIKASI-Memahami komunikasi dan hubungan antar pribadi dari sudut pandang individu adalah menempatkan pemahaman mengenai komunikasi di dalam proses psikologi. Setiap individu dalam tindakan komunikasi memiliki pemahaman dan makna pribadi terhadap setiap hubungan di mana dia terlibat di dalamnya.

Aspek psikologis dari komunikasi antar prbadi menempatkan makna hubungan sosial ke dalam individu, yaitu dalam diri partisipan komunikasi. Hal ini akan tampak jika kita melihat suatu hubungan dari sudut pandang kita sendiri maka kita akan menyertakan semacam rasa memiliki ketika kita berpikir bahwa orang lain dan hubungan kita dengan orang tersebut seolah-olah milik kita.

Suatu pemahaman psikologis terhadap komunikasi antar pribadi merupakan bagian penting dari pemahaman yang menyeluruh terhadap komunikasi antar pribadi. Meskipun demikian, beberapa persoalan dapat muncul dalam proses pemaham oleh individu yang disebut juga sebagai proses intra pribadi ini.

Baca Juga: Awali 2023, Bupati Gunungkidul Berenang di Telaga Towet.

Fisher (1987:106) menyebutkan tiga di antaranya, yaitu:

  1. Munculnya respons individu terbatas pada setelah kegiatan komunikasi.
  2. Ingatan atau presepsi individu dapat berubah setelah suatu tindakan komunikasi.
  3. Individu sering mencampur-adukkan hubungan antar pribadi dengan respons emosional mereka. Ini semua akan menjadi masalah jika orang menganggap bahwa fokus psikologis komunikator merupakan pemahaman terpentig atau paling nyata dari komunikasi antar pribadi.

Hal terpenting dari fokus psikologis dalam komunikasi adalah asumsi bahwa diri pribadi individu terletak pada suatu tempat di dalam individu, dan tidak mungkin dapat diamati secara langsung. Asumsi ini juga mencakup anggapan bahwa kita dapat melakukan pengamatan terhadap diri pribadi seseorang secara tidak langsung dengan meyimplkan berdasarkan pengamatan kita terhadap perilaku individu tersebut.

Baca Juga: Detik-detik Longsornya Dinding Talud di Sleman, Pengawas Proyek: Saya Sudah Teriak Sekuat Tenaga.

Fungsi psikologi dari komunikasi adalah untuk menginterpretasikan tanda-tanda melalui tindakan atau perilaku yang dapat ia amati. Kita akan melakukan seleksi terhadap tanda-tanda dari perilaku dan mengungkap mana yang palsu dan mana yang asli. Cara inilah yang biasanya kita lakukan dalam upaya untuk menungkap dimensi internal dari diri yang sesungguhnya.

Pertanyaan berikutnya adalah sejauh mana kita dapat menyimpulkan secara akurat? Karena penyimpulan itu sendiri adalah proses psikologis, suatu proses pikir yang melibatkan penarikan suatu kesimpulan atas dasar informasi yang tidak lengkap.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Info Bae


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x