Penting!!! Perlu Kalian Ketahui Cara Memahami Orang Lain dalam Komunikasi

- 5 Januari 2023, 16:31 WIB
amalan
amalan /google/

KOMUNIKASI-Dalam setiap komunikasi yang melibatkan dua orang, akan terdapat dua diri pribadi yang harus dikenali, yaitu diri kita sendiri dan diri orang lain yang menjadi partner komunikasi kita.

Upaya mengenali orang lain bukanlah persoalan sederhana. Upaya ini menyangkut proses psikologis, yaitu persepsi, dan seperti telah kita ketahui, persepsi memiliki banyak kelemahan sebagai dasar untuk memperoleh pengetahuan.

Antara lain persepsi tidak akurat, selektif, subjektif, dan sebagainya. Dalam memperspsi orang lain, kita harus mebuat kesimpulan berdasarkan informasi yang tidak lengkap, yaitu informasi yang hanya diperoleh melalui kelima indra kita.

Meskipun sesungguhnya banyak informasi yang perlu kita lakukan untuk melakukan persepsi terhadap orang lain, namun ada tiga jenis informasi terpenting yang perlu kita ketahui, yaitu tujuan orang tersebut, kondisi internalnya, dan keamaan antara kita dengan orang tersebut.

Baca Juga: Bak Drama Sinetron Kisah Asmara Denise Chariesta dan Ragi Ternyata Belum Ada Ujungnya. 

Mempersepsi tujuan orang lain memiliki beberapa arti bagi kita. Pertama, adalah sebagai mekanisme proteksi, yaitu kita ingin mengetahui apa yang diharapkan dari kita melalui komunikasi yang dia lakukan.

Kedua, melalui pemahaman terhadap tujuan orang, kita dapat mengevaluasi kesungguhan atau akurasi dari penampilannya. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa kita menganggap sebagian besar perilaku memiliki tujuan tertentu, dan kita menganggap sebagian besar perilaku memilki tujuan tertentu, dan kita menggunakan persepsi untuk mengenali secara cermat apa tujuan orang lain.

 Setlah kita memperoleh informasi tentang orang lain yang dibutuhkan, apa yang harus dilakukan dengan informasi tersebut. Dalam komunikasi antar pribadi, setiap partisipan perlu mengenali partisipan lainnya dalam rangka mencapai dua tujuan yaitu mengurangi ketidakpastian dan perbandingan sosial.

Perbandingan sosial adalah proses membandingkan diri kita dengan orang lain. Mengutip Leon Festinger (1987:160) yang mengemukakan bahwa orang biasanya melakukan evaluasi diri, yaitu suatu cara untuk mengetahui diri kita sendiri. Selain itu kita juga ingin mengetahui bagaiman menilai diri kita sendiri (konsep diri).

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: ilmu-pendidikan.net


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x