Mari Bersama-Sama Kita Pelajari Tentang Teori Komunikasi Kelompok, Mulai Dari Prinsip Dasar, Definisi, dan Kar

- 5 Januari 2023, 16:41 WIB
Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Gelar Workshop Inovasi Penelitian Sosial Humaniora Di Era Digital
Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Gelar Workshop Inovasi Penelitian Sosial Humaniora Di Era Digital /

KOMUNIKASI-Prinsip dasar komunikasi dalam kelompok, bahwa kelompok merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kita sehari-hari. Kelompok bak yang bersifat primer maupun sekunder, merupakan wahana bagi setiap orang untuk dapat mewujudkan harapan dan keinginannya bagi informasi dalam hampir semua aspek kehidupan.

Bisa merupakan media untuk mengungkapkan persoalan pribadi (keluarga sebagai kelompok primer), ia dapat merupakan sarana meningkatkan pengetahuan para anggotanya (kelompok belajar) dan ia bisa pula mrpakan alat untuk memecahkan pesoalan bersama yang dihadapi seluruh anggota kelompok pemecah masalah.

Pengertian komunikasi kelompok

Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam bukunya: Human Communication, A Revision of Approaching Speech Communication, memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagai informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

Baca Juga: Hasil MRI Indra Bekhti Suah Keluar, Begini Kondisinya. 

Ada empat elemen yang tercakup dalam definisi di atas, yaitu interaksi tatap muka, jumlah partisipan yang terlibat dalam interaksi, meksud atau tujuan yang dikehendaki dan kemampuan anggota untuk dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya.

Terminologi tatap muka (face to face) mengandung makna bahwa setiap anggota kelompok harus dapat melihat dan mendengar anggota lainnya dan juga harus dapat mengatur umpan balik secara verbal maupun nonverbal dari setiap anggotanya.

Maksud dan tujuan yang dikehendaki sebagai elemen ketiga dari definisi di atas, bermakna bahwa maksud atau tujuan tersebut akan memeberikan beberapa tipe identitas kelompok. Kalau tujuan kelompok tersebut adalah berbagi informasi, maka komunikasi yang dilakukan dimaksudkan untuk menanamkan pengetahuan.

Elemen terakhir adalah kemampuan anggota untuk menumbuhkan karakteristik persoalan anggota lainnya secara akurat. Ini mengandung arti bahwa setiap anggota kelompok secara tidak langsung berhubungan satu sama lain dan maksud tujuan kelompok telah terdefinisikan dengan jelas, di samping itu identifikasi setiap anggota dengan kelompoknya relatif stabil dan permanen.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: belajar.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x