Apakah Pengetahuan Yang Tersimpan Dalam Ingatan Manusia Seluruhnya Hilang Begitu Saja? Tentu, Tidak

- 25 Desember 2022, 22:20 WIB
Kumpulan Doa untuk Ibu Tercinta, Cocok Dibaca Saat Peringatan Hari Ibu 22 Desember
Kumpulan Doa untuk Ibu Tercinta, Cocok Dibaca Saat Peringatan Hari Ibu 22 Desember /Pixabay

GAYA HIDUP-Perlu kita ketahui bahwa ingatan manusia merupakan salah satu anugerah yang diberikan untuk membantu aktivitas manusia itu sendiri.

Untuk itu, kita juga perlu memahami pentingnya ingatan manusia dalam berbagai fungsinya. Kadang orang beranggapan informasi yang tersimpan dalam ingatan dapat hilang.

Memang benar dapat hilang, namun sejatinya pengetahuan yang diterima tetap masih tersimpan tidak hilang dengan mengingat-ingat kembali. Seperti penjelasan yang dikutip di bawah ini.

Baca Juga: Stres di Tempat Kerja? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Hal yang paling menakjubkan dalam diri manusia adalah ingatan. Ingatan adalah dasar dari proses pembelajaran, di mulai dari mencari pengetahuan lalu menyimpannya. Dengan begitu, ingatan merupakan kemampuan untuk selalu mengingat, fungsi terbesar dari otak kita.

Ingatan ini akan terus berlangsung sepanjang masa. Kesepakatan para ahli tentang definisi sederhana dari ingatan (memori) yang mengatakan bahwa ingatan adalah kemampuan untuk mengingat-ingat sejarah (termasuk waktunya), mengenali wajah dan hakikat dari suatu benda, memahami pengetahuan, bahkan beraneka ragam bentuk.

Dan ingatan akan tetap tajam mampu menyimpan segala pengetahuan dan pesan yang diterima dengan sempurna layaknya komputer dalam menyimpan file-filenya. Hanya saja, sebagian orang beranggapan bahwa terdapat ingatan lemah. Padahal hal ini terjadi karena tidak pernah mengasah dan melatih ingatannya.

Untuk itu, ada istilah sejak kita lahir di dunia, setiap yang kita rasakan dan ketahui tersimpan rapi di dalam ingatan kita. Daya ingat ini kadang melemah karena kita lalai, namun file-file tersebut tidak hilang dari ingatan kita.

Baca Juga: Pacaran Tanpa Nafsu ! Emang Bisa ? Simak Quotes Nasehat Islam Ini

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x