Kisah Bupati Menguji Kewalian Syaikhona Kholil Bangkalan, Cerita Gus Muwafiq dari Gus Dur

- 9 Februari 2022, 17:26 WIB
Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan
Karomah Syaikhona Kholil Bangkalan /bangkitmedia/

BERITA BANTUL - Salah satu ulama besar Nusantara yang diakui dunia adalah Syaikhona Kholil Bangkalan Madura. Syaikhona Kholil bukan saja dikenal sebagai ulama besar, tapi juga seorang waliyullah yang sangat masyhur. 

Kisah-kisah kewalian Syaikhona Kholil sangat mengasankan dalam keseharian hidup warga Madura, sehingga semua berduyun-duyun untuk selalu ziarah ke makamnya di Bangkalan. 

Kini, makam Syaikhona Kholil selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai penjuru Nusantara.

Baca Juga: Karomah Abah Guru Sekumpul Taklukkan Seoarang Preman yang Kejam

Baca Juga: Karomah Doa Kiai Hamid Pasuruan Mengantarkan Seorang Habib Pergi ke Masjidil Haram

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal YouTube Kajian Islam TV, KH Ahmad Muwafiq menjelaskan tentang sosok Syaikhona Kholil Bangkalan.

Gus Muwafiq, sapaan akrab ulama muda dari Yogyakarta ini, mengisahkan Bupati Bangkalan yang ingin membuktikan kewalian Syaikhona Kholil.

"Syaikhona Kholil Bangkalan terkenal sebagai wali. Makanya, Bupati Bangkalan saat itu ingin menguji kewalian Syaikhona Kholil," tegas Gus Muwafiq.

Secara lebih lengkap, Gus Muwafiq mengisahkan berikut ini. 

Bupati Bangkalan kemudian sowan ke rumah Syaikhona Kholil. Bupati Bangkalan saat itu mau melangsungkan pernikahan anaknya. Dia ingin minta doa Syaikhona Kholil agar selama 7 hari 7 malam tidak ada hujan. Kondisi saat itu sedang musim hujan. 

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Kajian Islam TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x