Keindahan Surah Al-Bayyinah Ayat 5, Begini Penafsiran Al-Hallaj

- 18 Mei 2022, 07:23 WIB
Al-Qur'an
Al-Qur'an /pixabay/mohdfaris9

BERITA BANTUL – Surah Al-Bayyinah merupakan salah satu surah yang tersusun dalam juz 30 di Al-Qur’an. Arti dari Al-Bayyinah adalah pembuktian.

Ia mempunyai 8 ayat dengan masing-masing ayatnya agak panjang-panjang.

Secara garis besar, surah ini berisi seputar pembuktian agama Islam yang fokusnya adalah pribadi Rasulullah saw. dan kitab suci yang beliau bacakan, Al-Qur’an yang mulia, beserta standar moral dalam agama Islam.

Baca Juga: Keindahan Surah Al-Zalzalah, Begini Penafsiran Al-Hallaj

Ayat 5 dari surah ini mengulas salah satu pokok akhlak yakni ikhlas. Kata ikhlas dalam ayat ini diambilkan dari kata “mukhlishina” artinya "orang-orang yang ikhlas". Tarkib lafal tersebut secara nahwiyah sebagai hal sehingga berarti "secara ikhlas" atau "dengan ikhlas".

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ayat 5 dari surah Al-Bayyinah:

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِ

Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).

Dikutip dari buku Tafsir Al-Hallaj (Alifbook, 2020), disebutkan ikhlas itu adalah membersihkan perbuatan dari sifat-sifat hina. Ikhlas itu aspek batin, sedangkan khusyuk itu aspek lahir.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x