Kiai Hamid Pasuruan Bertemu Nabi Sejak Kecil, Keramat Kiai NU Dikenal Seluruh Penjuru Bumi

- 20 Desember 2022, 23:22 WIB
Bertemu Nabi Sejak Kecil, Keramat Kiai NU Dikenal Seluruh Penjuru Bumi
Bertemu Nabi Sejak Kecil, Keramat Kiai NU Dikenal Seluruh Penjuru Bumi /facebook/adib/

HIKMAH - Kiai Hamid Pasuruan Bertemu Nabi Sejak Kecil, Keramat Kiai NU Dikenal Seluruh Penjuru Bumi.

Keramat para kiai Nahdlatul Ulama (NU) tak bisa dilepaskan dari berkah Nabi Muhammad SAW. Makanya, para kiai NU selalu punya kerinduan yang dahsyat dengan Rasulullah. 

Salah kiai NU itu bernama Kiai Hamid Pasuruan. Sosok waliyullah yang masyhur karomah-karomahnya dan jadi rujukan NU dalam berbagai persoalan umat, bangsa dan negara. 

Baca Juga: Keramat NU di Alam Kubur Rais Aam PBNU KH Bisri Syansuri Denanyar Jombang

Kisah keramat kiai NU asal Pasuruan ini ternyata tersambung dengan sosok waliyullah asal Jember, yakni KH Muhammad Shiddiq. 

KH Muhammad Shiddiq Jember yang juga kakek Kiai Hamid Pasuruan ini adalah salah satu pendiri NU, semasa dengan KH Hasyim Asy'ari. 

Dua putra Mbah Shiddiq Jember, sapaan akrabnya, pernah menduduki posisi sangat penting di NU. Yakni pertama, KH Mahfudz Siddiq, Ketua Umum PBNU yang pernah dipenjara Jepang.

Yang kedua adalah KH Ahmad Siddiq, Rais Aam PBNU 1984-1991, yang saat itu memimpin bersama Gus Dur sebagai Ketua Umum PBNU. 

Mbah Shiddiq Jember dikenal waliyullah masyhur. Cucunya yang bernama Kiai Hamid Pasuruan juga sangat masyhur, karomahnya dikenal seluruh penjuru bumi.

Dikutip dari catatan KH Ahmad Gholban Aunirrahman, dikisahkan bahwa semua bermula dari perjalanan haji KH Muhammad Shiddiq Jember bersama cucunya yang masih kecil, Kiai Hamid, dan keluarga besar KH Muhammad Shidiq.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x