Apakah Kalian Sudah Tahu, Apa Itu Hakikat Ekonomi Politik Internasional? Jika Belum Tahu Mari Kita Belajar

- 2 Januari 2023, 12:19 WIB
Apakah Kalian Sudah Tahu, Apa Itu Hakikat Ekonomi Politik Internasional? Jika Belum Tahu Mari Kita Belajar
Apakah Kalian Sudah Tahu, Apa Itu Hakikat Ekonomi Politik Internasional? Jika Belum Tahu Mari Kita Belajar /pixabay/

EKONOMI - Menurut Jeffry Frieden dan Lisa L. Martin, ekonomi politik internasional dan disingkat menjadi EPI. Merupakan sebuah subdisiplin yang relatif baru dalam ilmu politik.

Dalam studi hubungan internasional, EPI baru hadir sebagai sub-disiplin yang signifikan pada awal dekade 1970-an.

EPI adalah sebuah disiplin akademis yang menganalisis kaitan antaraekonomi dan hubungan internasional.

Baca Juga: Gus Baha Beberkan 7 Amalan yang Bisa Menerangi Alam Kubur, Apa Saja? Simak Baik-Baik

Sebagai sebuah bidang interdisipliner, EPI melibatkan banyak disiplin akademis, mulai dari ilmu politik dan ekonomi, hingga sosiologi, sejarah, bahkan kajian budaya (antropologi).

Batas EPI sebagai disiplin akademis sangat fleksibel, kalau tidak dapat dikatakan penuh dengan ambiguitas. Kalu kita berusaha melacak literatur yang berkaitan dengan pokok bahasan EPI, kita akan menemukan pengertian dan ruang lingkup yang beraneka ragam.

Seluruh ahli EPI telah mencapai kesepakatan bersama bahwa pemisahan secara tajam antara wilayah politik dan ekonomi telah kehilangan realitas.

Banyak ahli hubungan internasional juga merasa bersalah atas kekeliruan di masa lalu yang berusaha memisahkan aktivitas ekonomi dari politik dan sebaliknya.

Latar belakan keilmuan dari para sarjana yang menaruh perhatian terhadap EPI secara umum memengaruhi perbedaan pemahaman terhadap hakikat EPI itu sendiri.

Dengan demikian, menurut para ahli yang berlatar belakang ilmu ekonomi “murni”, EPI cenderung dilihat sebagai penerapan teori dan metodologi ilmu ekonomi dalam berbagai perilaku masyarakat internasional.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x