Dr. Untung Gunarto Ingatkan Calon Jamaah Haji Harus Perbanyak Air Minum Untuk Menghindari Penyakit Stroke

- 31 Mei 2022, 15:45 WIB
Calon Jamaah Haji Harus Perbanyak Air Minum
Calon Jamaah Haji Harus Perbanyak Air Minum /Foto Ilustrasi: PIXABAY/congerdesign/

BERITA BANTUL – Haji merupakan rukun islam yang kelima, tentu melakukan ibadah ini tidak mudah selain jauh juga harus menjaga kesehata dala perjalanan.

Banyak dokter yang sudah menganjurkan untuk selalu sedia air minum untuk menghindari dehidrasi ketika melakukan ibadah haji.

Karena di Mekkah itu cuacanya sangat panas dan itu tidak sesuai dengan cuaca yang ada di Indonesia, jadi untuk mencegah itu jamaah haji harus selalu sedia air minum.

Baca Juga: Apa Itu Kesehatan Mental, Cara Mengatasi dan Penyebab Kondisi Kecemasan Sesuai Anjuran Dokter

Dikutip dari Antara, dokter spesialis saraf dr. Untung Gunarto Sp.S. MM mengingatkan calon haji dengan riwayat penyakit stroke untuk memperbanyak mengonsumsi air guna menghindari dehidrasi saat melakukan ibadah di Tanah Suci.

"Calon haji dengan riwayat penyakit stroke perlu perbanyak konsumsi air dan mengatur pola istirahat yang cukup," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto tersebut menambahkan, dehidrasi dan juga perubahan tekanan darah yang fluktuatif dikhawatirkan dapat memicu stroke.

"Karena itu calon haji khususnya penderita riwayat stroke untuk memperhatikan asupan air minum serta menjaga daya tahan atau imunitas tubuh agar tetap bugar selama melaksanakan ibadah haji," katanya.

Dia menambahkan, salah satu cara menjaga imunitas adalah mengatur pola tidur, memerhatikan asupan makan dan minum serta berfikir positif dan menghindari stres.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x