Survei Indikator: Erick Thohir Melejit Jadi Cawapres Nomor Satu Pilihan Masyarakat

- 4 Juni 2023, 19:43 WIB
Survei Indikator: Erick Thohir Melejit Jadi Cawapres Nomor Satu Pilihan Masyarakat
Survei Indikator: Erick Thohir Melejit Jadi Cawapres Nomor Satu Pilihan Masyarakat /

JAKARTA - Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden (Cawapres) yang paling banyak dipilih masyarakat. Hal ini tergambar dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia untuk periode 26 Mei-30 Mei 2023. Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir berada di posisi teratas dalam simulasi 22 nama cawapres dengan 14,8 persen suara responden.

Burhanuddin menyampaikan Erick unggul tipis sekitar 0,02 persen dari Ridwan Kamil. Burhanuddin mengatakan Erick kembali menjadi pilihan mayoritas responden dalam simulasi 18 nama cawapres dengan suara sebanyak 15,5 persen atau unggul dari Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua dengan 15,4 persen.

"Jika melihat tren, Erick Thohir ada tren kenaikan, Ridwan Kamil sedikit turun, Sandiaga dan AHY turun," ujar Burhanuddin saat rilis hasil survei nasional bertajuk "Saling Salip Elektabilitas Capres dan Cawapres Jelang 2024" di Jakarta, Ahad 4 Juni 2023.

Baca Juga: Kisah Pernikahan Gus Baha dengan Ning Winda, Putri Ulama Sidogiri Pasuruan

Burhanuddin mengatakan Erick menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Tak hanya itu, Erick juga cawapres yang paling banyak dipilih bagi masyarakat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang menarik, lanjut Burhanuddin, mayoritas masyarakat yang memilih dua pasangan capres dan cawapres pada pemilu 2019 pun solid memilih Erick sebagai cawapres untuk 2024.

Burhanuddin mengatakan basis pemilih Jokowi-Amin sebanyak 20,0 persen memilih Erick atau lebih tinggi dibandingkan kandidat cawapres lain. Pun dengan basis pemilih Prabowo-Sandiaga yang memilih nama Erick sebanyak 17,5 persen atau terbesar ketimbang kandidat cawapres lain.

"Kalau dilihat basis pemilih berdasarkan partai politik, banyak pemilih dari sejumlah partai memilih Erick Thohir," ucap dia.

Burhanuddin menyampaikan Erick menjadi pilihan teratas dari sejumlah partai seperti Gerindra dengan 20,3 persen, PDIP sebanyak 25,0 persen, Golkar dengan 23,4 persen, Nasdem sebesar 20,0 persen, dan PPP dengan 30,8 persen.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x