Puluhan Ribu Pendekar Akan Hadiri Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Solo

- 27 September 2023, 07:28 WIB
Puluhan Ribu Pendekar Akan Hadiri Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Solo
Puluhan Ribu Pendekar Akan Hadiri Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Solo /

NASIONAL - Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama akan menyelenggarakan prosesi Ijazah Kubro yang akan dihadiri puluhan ribu pendekar. Agenda Ijazah Kubro juga dirangkai dengan pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama masa khidmat 2023-2028. Rangkaian agenda ini, akan diselenggarakan di Benteng Vastenburg, Solo, pada Sabtu, 7 Oktober 2023 mendatang.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, HM Nabil Haroen mengungkapkan bahwa pihanya sedang berkonsentrasi untuk persiapan teknis dan non teknis untuk agenda besar ini. “Kami mengikuti arahan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan kiai-kiai untuk penyelenggaraan Ijazah Kubro dan agenda pelantikan PP Pagar Nusa. Setelah sowan Rais Aam PBNU, Katib Aam PBNU, Ketua Umum PBNU, dan beberapa kiai, ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 2023 mendatang di Solo. Jadi momentumnya memang ditentukan oleh PBNU, kami mengikuti arahan terkait jadwal dan lokasinya,” ungkap Nabil.

Nabil Haroen juga menyampaikan bahwa seharusnya jadwal Ijazah Kubro dan pelantikan diselenggarakan di pertengahan tahun 2023, karena berbagai pertimbangan dan dawuh Kiai, ditetapkan penyelenggaraan di bulan Oktober. “Oktober ini kan momentum penting bagi santri dan Nahdliyyin. Momentum hari santri nasional yang diselenggarakan setiap tahun, sebagai ruang untuk saling menguatkan dan konsolidasi bagi warga Nahdlatul Ulama. Jadi, Pagar Nusa ikut berkhidmah untuk menyemarakkan Hari Santri Nasional pada tahun ini,” terang Nabil Haroen, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Baca Juga: Ketua Umum Pagar Nusa, Gus Nabil Haroen Himbau Kader Tanam Pohon dan Lestarikan Alam

Lebih dari itu, Nabil Haroen juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa pada Oktober 2023 ini juga menjadi rangkaian Hari Santri Nasional yang diselenggarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

“Jadi PBNU ini menetapkan rangkaian hari santri nasional, dengan rangkaian agenda dari beberapa banom dan Lembaga, serta kolaborasi dengan beberapa pihak terkait. Nah, agenda Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa ini, juga menjadi agenda resmi Hari Santri Nasional,” jelas Nabil yang lama nyantri di Pesantren Lirboyo, Kediri.

Nabil Haroen menegaskan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dan silaturahmi dengan beberapa kiai sepuh untuk meminta doa serta mengundang sebagai Mujiz (pemberi ijazah) paa agenda Ijazah Kubro Pagar Nusa. “Tim Pagar Nusa sudah bersilaturahmi ke beberapa kiai sepuh secara langsung, untuk meminta arahan, doa dan undangan secara resmi sebagai Mujiz. Insya Allah ini, agenda penting yang melibatkan puluhan ribu pendekar dan santri, yang menyatukan semua golongan.

Baca Juga: Ketua Umum Pagar Nusa Sebut Warga NU Cerdas Berpolitik, Jadi Kunci Utama Pemilu 2024

Pihaknya juga mengundang sebanyak mungkin pendekar, kader NU dan santri untuk hadir di agenda Ijazah Kubro di Benteng Vastenburg, Solo, pada Sabtu, 7 Oktober 2023 mendatang. “Kami mengajak para pendekar, warga Nahdliyyin, dan santri-santri untuk hadir di Solo pada 7 Oktober 2023 mendatang. Ini momentum berharga bisa bertemu dengan kiai-kiai sepuh NU pada satu majelis, mendapatkan keberkahan doa dan bersilaturahmi. Insya Allah akan menjadi momentum yang berkah dan terkenang sepanjang masa,” terang Nabil Haroen, yang juga Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). ***

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah