Gus Dur Memaknai Hadits 'Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China'

- 13 Februari 2022, 12:04 WIB
Gus Dur dan Makna Belajar ke China
Gus Dur dan Makna Belajar ke China /facebook/udin/

BERITA BANTUL - KH Abdurrahman Wahid, akrab disapa Gus Dur, sosok tokoh Indonesia yang dikenal cerdas. Sebelum jadi Presiden RI ke-4, Gus Dur sudah biasa keliling dunia, karena diminta bicara dalam forum-forum penting dunia, khususnya dalam hal sosial keagamaan. 

Gus Dur bisa bicara dengan beragam khalayak, mulai akademisi dunia, pejabat tinggi, sampai warga kelas paling bawah. Retorika Gus Dur memang unik, keren, dan berkarakter. 

Salah satu yang pernah menjadi perhatian Gus Dur adalah ketika memaknai hadits Nabi 'carilah ilmu sampai ke negeri China'. 

Baca Juga: Humor Gus Dur, Copet Tertangkap di Terminal Joyoboyo, Ternyata Punya Kartu NU, Terjadilah Dialog Lucu

Penjelasan Gus Dur itu disampaikan pada tahun 2003 saat mengisi pengajian Maulid Nabi Muhammad di Gresik Jawa Timur. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari video di fanpage Ngaji Online, Gus Dur hadir langsung dalam acara dan juga dihadiri para kyai dan masyarakat luas. 

Awalnya, Gus Dur menjelaskan surat Ar-Rahman ayat 33.  

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

“Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.”(QS. Ar-Rahman ayat 33).

"Kalau ada kata yang salah, nanti ada Kyai Sholeh yang membenarkan," kata Gus Dur sambil tertawa.

Gus Dur menegaskan, jin dan manusia kalau ingin menembus jagat ini, maka silahkan saja. Terserah kamu. Tapi kamu tidak akan bisa menembus jagat ini kecuali tanpa pertolongan Allah. 

"Dulu itu, kita ini sesama di bumi saja melihat jarak antar daerah saja terasa sangat jauh. Karena dulu naik kuda, naik onta, bahkan jalan kaki," kata Gus Dur. 

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: YouTube Ngaji Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x