Makna Simbolik Dibalik Ritual Ibadah Haji, Ternyata Memiliki Banyak Pesan Berharga

- 29 Mei 2022, 18:00 WIB
Makna Simbolik Dibalik Ritual Ibadah Haji, Ternyata Memiliki Banyak Pesan Berharga
Makna Simbolik Dibalik Ritual Ibadah Haji, Ternyata Memiliki Banyak Pesan Berharga /Pixabay.com/abdullah_Shakoor

BERITA BANTUL - Menjalankan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang kelima atau terakhir.

Ibadah haji dan umroh dilaksanakan di Makkah Al Mukarramah, manusia seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk menjalankan ibadah haji.

Apa sebenarnya makna dibalik ibadah haji. Dikutip Beritabantul.com dari Dr. KH. Abdul Mustaqim, MAg. Pengasuh Pesantren LSQ ar-Rohmah Yogyakarta.

Baca Juga: Keindahan Surah Al-Infithar Ayat 8, Begini Penafsiran Al-Hallaj

Ritual Haji  sesungguhnya mengandung banyak pesan moral secara  simbolis (symbolic meanings),  yang penting dipahami, sehingga kita dapat memperoleh pelajaran berharga darinya.

Ritual haji  yang tidak dipahami dengan baik,  akan terkesan hampa, dan  akan  melahirkan ritual-ritual semu, tanpa makna.

Itu sebabnya, kadang kita menjumpai ada orang yang sudah pernah haji,  bahkan mungkin sudah berkali-kali, tetapi tidak ada transformasi moral dalam perilakunya.

Baca Juga: Jadi Pribadi Baik dan Beruntung Dunia Akhirat, Amalkan Doa Ijazah dari Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad Ini

Oleh sebab itu, untuk memperoleh kemabruran haji tentu sangat penting memahami  pesan-pesan simbolis di balik ritual haji tersebut. Setidaknya ada beberapa pesan moral symbolic dalam ritual haji, yaitu:

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x