Benarkah Arwah Orang yang Sudah Meninggal Bisa Berjumpa dengan Manusia? Ini Jawaban Ustadz Ma'ruf Khozin

- 2 Agustus 2022, 15:30 WIB
Benarkah Arwah Orang yang Sudah Meninggal Bisa Berjumpa dengan Manusia? Ini Jawaban Ustadz Ma'ruf Khozin
Benarkah Arwah Orang yang Sudah Meninggal Bisa Berjumpa dengan Manusia? Ini Jawaban Ustadz Ma'ruf Khozin /facebook/Maulina Lia/

BERITA BANTUL - Benarkah arwah orang yang sudah meninggal bisa berjumpa dengan manusia?. Pertanyaan yang sering dilontarkan sebagian masyarakat Indonesia.

Banyak punya yang mengaku pernah bertemu dengan arwah orang yang telah meninggal. Namun apakah hal tersebut benar adanya.

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com tentang pertanyaan Apakah arwah orang yang wafat dapat berjumpa dengan arwah orang hidup? dari facebook KH. Ma'ruf Khozin.

Baca Juga: Adzanin Orang Mati Pakai Adzan Subuh, Apakah Akan Bangun Lagi? Ini Jawaban Gokil Habib Husein Jafar Al Haddar

Berikut ini jawaban KH. Ma'ruf Khozin dalam akun facebooknya.

Masalah ini secara khusus dibahas dan diulas oleh Syekh Ibnu Qayyim dalam kitabnya Ar-Ruh:

اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻭﻫﻰ ﻫﻞ ﺗﺘﻼﻗﻲ ﺃﺭﻭاﺡ اﻷﺣﻴﺎء ﻭﺃﺭﻭاﺡ اﻷﻣﻮاﺕ ﺃﻡ ﻻ
ﺷﻮاﻫﺪ ﻫﺬﻩ اﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﻭﺃﺩﻟﺘﻬﺎ ﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺃﻥ ﻳﺤﺼﻴﻬﺎ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭاﻟﺤﺲ ﻭاﻟﻮاﻗﻊ ﻣﻦ ﺃﻋﺪﻝ اﻟﺸﻬﻮﺩ ﺑﻬﺎ ﻓﺘﻠﻘﻲ ﺃﺭﻭاﺡ اﻷﺣﻴﺎء ﻭاﻷﻣﻮاﺕ ﻛﻤﺎ ﺗﻼﻗﻲ ﺃﺭﻭاﺡ اﻷﺣﻴﺎء

Bab ketiga, apakah arwah orang yang hidup dapat berjumpa dengan arwah orang yang sudah wafat atau tidak? Saksi-saksi dan dalil masalah ini teramat banyak dan hanya Allah yang tahu jumlahnya.

Panca indera dan kenyataan adalah saksi yang paling adil, arwah orang yang hidup dapat berjumpa dengan arwah orang yang sudah wafat seperti arwahnya orang hidup bisa saling berjumpa (Ar-Ruh 20)

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah