Konflik Militer di Masa Bani Abbasyiah Menandai Terpuruknya Kekuasaan

- 2 Januari 2023, 12:06 WIB
Beginilah Arti Tentang Mimpi Adzan Sesuai dengan Tempat/Lokasi Masing-masing yang Ada Di Dalam Mimpimu
Beginilah Arti Tentang Mimpi Adzan Sesuai dengan Tempat/Lokasi Masing-masing yang Ada Di Dalam Mimpimu /pixabay/

SEJARAH ISLAM - Konflik Militer di Masa Bani Abbasyiah Menandai Terpuruknya Kekuasaan.

Kekuasaan Bani Abbasyiah sempat mengalami perkembangan sangat tinggi saat dipimpin oleh Khalifah Harun Al Rasyid, pemimpin yang dikenal bijaksana. 

Putranya, Khalifah Al Makmun juga melakukan banyak terobosan yang dahsyat, sehingga peradaban Islam menjulang tinggi dan jadi rujukan dunia saat itu.

Tapi, konflik antar militer terjadi. Khususnya pasukan militer asing, yakni dari Turki dengan militer sebelumnya. Konflik yang pelan-pelan mengakhiri kedigdayaan Dinasti Abbasyiah.

Saat itu, untuk mengontrol kekhalifahannya, al-Ma’mun bergantung kepada dukungan Tahir, seorang bangsawan Khurasan yang sebagai imbalan diangkat sebagai gubernur di Khurasan pada tahun 820-822.

Tahir juga menjadi jendral bagi seluruh pasukan Abbasiyah dengan janji bahwa jabatan ini akan diwarisi oleh keturunannya.

Ini berakibat Khalifah tidak dapat menguasai secara langsung seluruh kekuatan. Ia harus bersekutu dengan bangsawan yang paling berpengaruh.

Untuk membuat keseimbangan, al-Ma’mun dan al-Mu’tashim mendirikan dua kekuatan bersenjata.

Pertama, adalah pasukan syakiriyah yang merupakan satuan-satuan dari Transoxiana, Armenia, dan Afrika Utara yang diimpin oleh pimpinan lokal mereka. Walaupun tidak berada di bawah perintah langsung Khalifah, mereka dapat menjadi penyeimbang kaum Tahiriah.

Kedua, pasukan gilman, yang terdiri dari budak-budak belian berkebangsaan Turki. Mereka dilatih dan digaji oleh para komandan dan tinggal di kompleks yang dilengkapi pasar dan masjid tersendiri. Karena itu mereka lebih setia kepada komandan daripada kepada Khalifah.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Laduni.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x