Pendidikan Islam dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Masa Depan

- 3 Januari 2023, 09:52 WIB
Jadwal Shalat 5 Waktu Kabupaten Bekasi Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022, Lengkap Dengan Jadwal Shalat Duha
Jadwal Shalat 5 Waktu Kabupaten Bekasi Hari Ini Sabtu 21 Mei 2022, Lengkap Dengan Jadwal Shalat Duha /

PENDIDIKAN Perkembangan ilmu yang semakin maju di satu sisi memiliki aspek positif tetapi pada sisi yang lain membawa pada disorientasi cara pandang masyarakat moderen terhadap dunia.

Gejala-gejala insani yang seharusnya dominan dalam kehidupan manusia telah diubah menjadi gejala sampingan belaka.

Munculnya ide pengembangan keilmuan Islam baik yang berupa reformulasi, Islamisasi, rekonstruksi, maupun transformasi pardigma keilmuan dalam wacana pemikiran ilmuwan muslim beberapa dasa warsa terakhir ini merupakan upaya strategis dalam merspon perkembangan ilmu pengetahuan modern yang dipandang mengandung beberapa persoalan.

Upaya tersebut merupakan bentuk-bentuk ijtihad umat Islam terkait dengan pengembangan sains dan teknologi dalam masyarakat muslim yang dalam kenyataannya diperlukan pengembanan pemikiran untuk melahirkan paradigma baru dalam maknanya yang luas.

Dalam kaitannya dengan pengembangan paradigma baru semacam ini, al-Qur’an menyatakan bahwa manusia adalah khalifah Allah fi al-ardl yang dengan tegas manusia dituntut untuk melakukan kreasi-kreasi baru dalam mengemban tugas kekhalifahan untuk menghasilkan peradaban yang luhur.

Peradaban Islam mesti dibangun melalui sarana pendidikan yang berkualitas untuk dapat mengejar ketertinggalan perkembangan sains di dunia Islam sekaligus dapat membantu menyelesaikan krisis kemanusiaan kontemporer.

Aktivitas pendidikan Islam pada dasarnya merupakan upaya dalam mewujudkan spirit Islam, yaitu suatu upaya dalam merealisasikan semangat hidup yang dijiwai oleh nilai Islami. Selanjutnya Islam ini berakar dalam teks suci al-Qur’an yang disampaikan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw.

Sebagai kitab suci agama Islam, al-Qur’an mengintrouksi dirinya sebagai pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus (QS. Al-Isra 17:19), petunjuk-petunjuknya bertujuan memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi manusia baik secara pribadi maupun kelompok.

Atas dasar ini dapat dikatakan bahwa ada relasi yang sangat kuat antara pembentukan peradaban yang luhur dan makmur, pendidikan, dan eksistensi manusia sebagai makhluk Tuhan.

Tujuan pendidikan dalam al-Qur’an adalah membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah Swt.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x