Kekuatan Pikiran Positif bagi Kemajuan Perusahaan Seperti Bisnis atau Organisasi

- 3 Januari 2023, 10:28 WIB
Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi
Pentingnya Public Relations dalam Pengelolaan Lembaga atau Organisasi /pixabay/

PENDIDIKAN - Pada era globalisasi seperti sekarang, mau tidak mau setiap perusahaan maupun organisasi dituntut untuk meningkatkan SDM karyawan agar dapat bersaing dan berkembang lebih maju.

Upaya meningkatkan SDM karyawan mutlak harus dilakukan untuk membentuk karyawan berkualitas, memiliki keterampilan, kemampuan kerja, semangat kerja, dan loyalitas kerja terhadap perusahaan maupun organisasi di tempatnya bekerja.

Dengan SDM karyawan berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

Berikut uraian singkat mengenai jumlah manfaat pikiran positif bagi setiap individu di dalam perusahaan:

  1. Meningkatkan produktivitas. Dengan berpikir positif, baik karyawan maupun pemimpin dapat bekerja secara cepat dan tepat setiap hari.
  2. Setiap individu akan lebih memikirkan problem solving dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi. Mereka tidak mudah mengeluh dan menyalahkan situasi. Inilah yang mengantarkan mereka pada kesuksesan kariernya dan perusahaan.
  3. Lebih percaya diri dan yakin pada keampuan diri. Ini merupakan kunci dalam menggapai keberhasilan. Setiap individu bisa menyikapi tantangan dengan berani.
  4. Lebih fokus dan termotivasi. Fokus terhadap pekerjaan membantu setiap individu untuk menjalani setiap tugas sesuai prioritas. Selain itu, target yang ingin dicapai bisa dijalani dengan lebih mudah.
  1. Tidak mudah down ketika menghadapi suatu masalah dan melatih mereka menjadi pribadi tangguh yang tidak mudah menyerah.

Sumber daya manusia (SDM) termasuk salah satu faktor sangat penting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Karean SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Karyawan adalah manusia yang berbeda dengan mati. Karyawan mempunyai akal, perasaan, dan kebutuhan yang kompleks. Oleh karena itu, karyawan harus diperlakukan secara manusiawi karena juga memiliki emosi, logika, intuisi, dan kepribadian aktif yang berbeda dengan faktor produksi lainnya.

Untuk mengelola SDM itulah, biasanya perusahaan memerlukan deprtemen khusus yan mengusir sumber daya manusia. Departemen ini bisa disebut dengan departemen personalia, departemen sumber daya manusia, atau HRD Human Resources Development.

Penulis: Dika Ayu Pramesti, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, STAI Sunan Pandanaran, Yogyakarta.

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x