6 Kitab Karya KH Hasyim Asy'ari yang Menjadi Rujukan Mengaji di Pondok Pesantren

- 23 Mei 2023, 13:00 WIB
6 Kitab Karya KH Hasyim Asy'ari yang Menjadi Rujukan Mengaji di Pondok Pesantren
6 Kitab Karya KH Hasyim Asy'ari yang Menjadi Rujukan Mengaji di Pondok Pesantren /Sibyan/BERITABANTUL

PENDIDIKAN - Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari merupakan pendiri organisasi Islam terbesar saat ini yakni Nahdlatul Ulama pada tahun 1926.

Bersama para sahabatnya KH. Wahab Hasbullah, KH. Bisyri Syansuri, Kiai Hasyim mampu membangkitkan semangat ulama di Jawa melalui Nahdlatul Ulama.

Jauh sebelum mendirikan Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy'ari sudah mendirikan Pondok Pesantren yang menjadi pusatnya pendidikan agama di Jawa Timur, Pesantren yang didirikan KH. Hasyim Asy'ari adalah Pesantren Tebuireng Jombang.

Baca Juga: 6 Kali Bertemu Rasulullah, KH Hasyim Asy'ari Yakin NU Direstui Nabi Muhammad SAW

Selain aktrif menjadi Kiai pergerakan, Kiai Hasyim juga sangat aktif dan produktif dalam mengarang berbagai kitab-kitab yang hingga kini menjadi salah satu kitab rujukan belajar di Pondok Pesantren.

Berikut ini adalah beberapa kitab karangan KH. Hasyim Asy'ari selengkapnya:

Pertama, Risalah Ahlussunnah wal Jama'ah: Fi Hadistil Mauta wa Asyrathissa'ah wa Bayani Mafhumissunnah wal Bid'ah (Paradigma Ahlussunnah wal Jama'ah: Pembahasan tentang Orang-orang Mati, Tanda-tanda Zaman, Penjelasan Sunah dan Bid'ah).

Karya KH Hasyim Asy'ari yang satu ini banyak membahas tentang bagaimana sebenarnya penegasan antara sunah dan bid'ah. Secara tidak langsung, buku tersebut membahas banyak persoalan yang akan muncul di masa depan, terutama saat ini.

Kedua, Muqaddimah Al Qanun Al Asasi li Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (Anggaran Dasar Organisasi Nahdlatul Ulama).

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x