Ini Alasan Asam Folat Harus Dikonsumsi Bumil, Resikonya Bisa Keguguran dan Meninggal, Simak Penjelasannya

- 11 Maret 2022, 08:16 WIB
manfaat asam folat, makanan ibu hamil
manfaat asam folat, makanan ibu hamil /klik dokter/

BERITA BANTUL - Saat sedang periksa kandungan ke dokter, ibu hamil sering dikasih suplemen Asam Folat ya?,

Sebenarnya apa manfaat dari Asam Folat untuk ibu hamil?, katanya bermanfaat juga buat calon bayi yang ada di kandungan.

Dilansir BeritaBAntul.com dari kanal youtube alodokter, yang diunggah tanggal 4 Januari 2022, tentang pentingnya Asam Folat bagi ibu hamil (bumil).

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Pada Musim Pancaroba Menurut Dokter Ahli, Nomor 3 dan 5 Sering Diabaikan

Saat hamil, salah satu asupan yang harus dipenuhi adalah Asam Folat , tapi sebenarnya apa sih Asam Folat itu?, enggak cuma penting untuk ibu hamil aja, malahan Asam Folat ini juga dianjukan banget bagi para pasangan yang lagi promil (program kehamilan).

Baik istri maupun suami, sebenarnya apa sih Asam Folat itu?, jadi Asam Folat adalah bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 selama masa kehamilan ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 600 mikrogram asam folat setiap harinya.

Tapi bagi ibu hamil yang pernah melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf sebelumnya, maka asupan Asam Folat ini bisa ditingkatkan hingga 4000 mikrogram setiap harinya.

Sedangkan untuk wanita yang tidak hamil maupun pria yang ingin mendukung kesuburan, dosis Asam Folat yang diperlukan adalah 400 mikrogram perhari.

Untuk memenuhi asupan Asam Folat mungkin bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan asam folat seperti Alpukat, Pepaya, dan Jeruk.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x