Rahasia Nyai Sholihah Mendidik Gus Dur Jadi Tokoh Dunia

- 11 Mei 2022, 19:37 WIB
Nyai Sholihah Wahid, Ibunda Gus Dur
Nyai Sholihah Wahid, Ibunda Gus Dur /bangkit/

BERITA BANTUL - KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dikenal luas sebagai negarawan yang jadi Presiden RI ke-4. Gus Dur masyhur di berbagai penjuru dunia. 

Nyai Sholihah Wahid, sang ibunda Gus Dur, punya rahasia besar yang menjadikan putra pertamanya menjadi sosok yang membuat sejarah besar bagi bangsa. 

Pendidikan khusus yang diberikan Nyai Sholihah kepada Gus Dur menjadikan putranya punya pemikiran cemerlang untuk bangsa dan negara. 

Baca Juga: Tersingkapnya Kewalian Gus Dur Saat Beli Durian, Penjualnya Langsung Teriak Menangis

Dikutip dari laman facebook Rijal Mumazziq Z, dijelaskan bahwa karakter Gus Dur banyak dipengaruhi oleh ibundanya.

Nyai Sholihah disebut sebagai perempuan tangguh yang ditinggal wafat suaminya, KH. A. Wahid Hasyim ketika dirinya mengandung putra keenam, Hasyim Wahid.

Ini yang mempengaruhi Gus Dur dalam keteguhan memegang prinsip dan kepedulian kepada mereka yang terpinggirkan.

"Nyai Hj. Sholihah ini sedang mengandung anak keenamnya saat sang suami, KH. Abdul Wahid Hasyim, ulama cum negarawan muda paling moncer dalam sejarah Indonesia, berpulang akibat kecelakaan di Bandung," tegas Rijal yang juga Rektor Institute Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember Jawa Timur.

Baca Juga: Kuasai 27 Bahasa Asing, Ayahanda Habib Luthfi Juga Hafal Qur'an Qiroah Sab'ah

Nyai Sholihah, yang belum genap berusia 30 tahun menjanda dengan tanggungan 6 buah hati: Abdurrahman Ad-Dakhil, Aisyah, Shalahuddin, Lily Khadijah, Umar dan Hasyim Wahid.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x