Pengertian Wali Songo Penyebar Agama Islam di Tanah Jawa

- 25 Mei 2023, 08:00 WIB
Pengertian Wali Songo Penyebar Agama Islam di Tanah Jawa
Pengertian Wali Songo Penyebar Agama Islam di Tanah Jawa /

TOKOH - Istilah Wali Songo sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun tak sedikit juga yang tidak mengetahui apa dan siapa Wali Songo tersebut. Berikut penjelasan tentang Wali Songo selengkapnya.

Istilah wali berasal dari bahasa Arab, artinya tercinta, pembantu, penolong dan pemimpin. Bentuk pluralnya adalah auliya’. Al-Qur’an menyifati para wali Allah sebagai orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah.

Tidak adak kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Wali Songo disini diartikan sekumpulan orang (semacam dewan dakwah) yang dianggap memiliki hak untuk mengajarkan Islam kepada masyarakat Islam di bumi Nusantara pada zamannya.

Kata “wali” menurut istilah, ialah sebutan bagi orang-orang Islam yang dianggap keramat, penyebar agama Islam, mereka dianggap “Kekasih Allah”, orang-orang yang dekat dengan Allah, dikaruniai tenaga gaib, mempunyai kekuatan-kekuatan batin yang sangat berlebih, mempunyai ilmu yang sangat tinggi, dan sakti berjaya-kewijayaan (Effendy Zarkasi, 1977: 52).

Baca Juga: Saat Sayyidina Umar Mencium Hajar Aswad Sambil Ngedumel, Ini Penjelasan Gus Baha

Sebagian penulis berpendapat bahwa istilah Wali Songo berasal dari bahasa Arab , yaitu wali dan tsana’(mulia), sehingga berarti para wali yang mulia. Sebagian lagi berpendapat istilah Wali Songo berasal dari bahasa Jawa, yaitu wali dan sana (baca: sono), yaitu tempat. Ada pula yang menyebut dengan Wali Songo berarti sembilan wali atau bahkan ada yang menyatakan Wali Sangha.

Dari berbagai pendapat tersebut, yang paling kuat adalah berdasarkan istilah dan fakta sejarah, yaitu bahwa Wali Songo adalah sebuah dewan dakwah, dewan mubaligh , organisasi ulama dalam bentuk lembaga dakwah para wali yang berjumlah sembilan.

Setiap ada yang wafat atau meninggalkan Jawa maka diangkat wali lain sebagai penggantinya sehingga tetap berjumlah sembilan. Para Wali Songo adalah pembaharu masyarakat pada masanya.

Baca Juga: Habib Novel Alaydrus Solo Bongkar Satu Amalan yang Pasti Diterima Allah, Meskipun Riya dan Ujub

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x