Masyarakat Kampung Payungan Pandak Gelar Kirab Budaya Tradisi Baritan

- 2 Juli 2022, 12:30 WIB
Masyarakat Kampung Payungan Pandak Gelar Kirab Budaya Tradisi Baritan
Masyarakat Kampung Payungan Pandak Gelar Kirab Budaya Tradisi Baritan /Pemkab Bantul

BERITA BANTUL - Masyarakat Kampung Payungan, Triharjo, Kapanewon Pandak Kabupaten bantul gelar Kirab Budaya dalm rangka tradisi baritan.

Acara tersebut digelar padahari Jum'at 1 Juli 2022, acara dilangsungkan di Sendang Payungan di Kampung Payungan, Triharjo, Pandak Bantul.

Masyarakat Kabupaten Bantul memiliki nilai-nilai budaya dan tradisi luhur yang masih lestari sampai saat ini. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Kampung Payungan, Triharjo, Pandak.

Baca Juga: Cegah Wabah PMK, Pemda Bantul Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari laman Pemkab Bantul, Kirab Budaya ini menjadi puncak acara setelah tradisi nguras sendang yang dilakukan oleh-oleh anak laki-laki di Kampung Payungan.

Sendang Payungan sendiri dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air yang sudah ada sejak zaman Sunan Kalijaga. Sumber air ini membawa kehidupan bagi masyarakat sekitar. 

Maryono, Ketua Panitia, menjelaskan bahwa tradisi ini sudah dilaksanakan sejak zaman dahulu dan turun temurun, para tokoh setempat sepakat bahwa kegiatan ini harus dilestarikan ke generasi berikutnya.

Baca Juga: Komunitas Sanggar Seni Bantul Resmi di launching, Akan Gelar Pementasan Seni Tiap Minggu

“Apa yang menjadi sejarah di Sendang Payungan ini, generasi muda perlu tahu,” ungkapnya. 

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Pemkab Bantul


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x