Ragam Kegiatan Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan Sambut HUT ke-77 RI

- 22 Agustus 2022, 08:56 WIB
Ragam Kegiatan Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan Sambut HUT ke-77 RI
Ragam Kegiatan Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan Sambut HUT ke-77 RI /beritabantul/

BERITA BANTUL - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan gelar ragam kegiatan. 

Bersama elemen warga Gesikan Jaranan Panggungharjo Sewon Bantul, para santri Pesantren Sunan Kalijaga menyelenggarakan rangkaian Pekan Agustusan.

Ragam kegiatan itu adalah upacara bendera, malam tirakatan, peragaan busana, mewarnai, badminton, voly, menangkap belut, memasak nasi goreng, pecah air, dan hafalan.

Baca Juga: Curi Ikan KH Chudlori Tegalrejo, Gus Dur Pesta Makan Bersama Para Santri

Diselenggarakan juga pembacaan seribu sholawat untuk menolak teroris-sparatis-koruptor demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pengasuh Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan, KH Beny Susanto menegaskan, keluarga besar Sunan Kalijaga Gesikan sebagai bagian entitas masyarakat nusantara yang berhaluan aqidah Aswaja An-Nahdliyah bersyukur atas anugerah kemerdekaan RI ke-77.

"Bangsa dan negara Indonesia mendapatkan limpahan kasih sayang dan berkah Tuhan Yang Maha Esa sehingga sudah selayaknya untuk terus bersyukur dengan ragam bentuk dan ekspresinya," tegas Kiai Beny kepada BeirtaBantul.com, 22 Agustus 2022.

Menurut Kiai Beny, kebersamaan dalam perayaan dalam rangka menjaga persaudaraan dan persatuan (ukhuwah Islamiyah, wathoniyah dan basyariah), menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme.

"Ekspresi syukur tidak hanya bersifat vertikal, kepada Allah SWT tetapi juga horizontal sesama manusia, para leluhur, pemimpin dan pendiri bangsa," tegasnya.

Baca Juga: Gus Dur Ngaji Hikam Kepada Waliyullah Mbah Dalhar Watucongol Gunungpring

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x