Seberapa Pentingkah Sebuah Organisasi di Kampus Bagi Kalangan Mahasiswa?

- 6 November 2022, 15:51 WIB
/

PENDIDIKAN-Mahasiswa adalah salah satu komponen penting dari suatu perguruan tinggi atau universitas. Untuk menjadi mahasiswa tentunya bukan sesuatu hal yang mudah, tetapi dengan menjadi mahasiswa seseorang bisa berkesempatan untuk lebih banyak belajar sekaligus mengembangkan potensi diri.

Organisasi penting bagi mahasiswa karena dengan adanya organisasi kita mampu mengembangkan diri dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti organisasi berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kampus, organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian, dan mengembangkan kemampuan.

Di dalam organisasi setiap anggota memiliki peranannya masing-masing sesuai dengan divisi yang mereka miliki.

Baca Juga: Apa Sih Pentingnya Mengikuti Organisasi di Kampus? Ataupun di Luar Kampus?

Ada banyak orang yang memandang bahwa berorganisasi merupakan hal yang merepotkan. Paahal di dalam kita mengikuti suatu organisasi kita belajar bagaimana bekerja sama dalam tim dalam menyelesaikan suatu masalah.

Manfaat mengikuti organisasi yaitu sebagai berikut:

  1. Menambah relasi, bergabung dalam organisasi berarti bergabung dalam sebuah jaringan. Maka dari itu, tidak heran jika mahasiswa yang ikut aktif dalam organisasi seringkali memiliki relasi yang banyak dariberbagai kalangan.
  2. Meningkatkan bakat dan menambah kemampuan berkomunikasi, soft skill memang sangat penting untuk ditingkatkan, dengan kita mengikuti organisasi atau UKM di kampus, kita bisa meningkatkan skill kita dengan berbagai latihan serta bimbingan dari para senior dan juga dengan mengikuti berbagai lomba-lomba yang di selenggarakan.
  3. Belajar manage waktu, pentingnya mengikuti organisasi tidak hanya berdampak pada orang lain, bahkan itu juga akan berdampak pada diri kita sendiri. Jadi ketika kita mengikuti organisasi maka kita bisa lebih menghargai dan bisa mengatur waktu dengan baik. Maka hal tersebut akan berimbas pada diri kita sendiri.
  4. Keluar dari zona nyaman, pentingnya mengikuti organisasi memiliki berbagai macam manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Di situ kamu akan mendalami peranan yang dimiliki. Kamu bisa keluar dari zona yang menjadi zona nyaman dan belajar di dunia lain. Bahkan di dunia yang sulit untuk diperankan.
  5. Sebagai ajang latihan di dunia kerja, salah satu hal yang bisa di dapat jika kita memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik adalah kamu pasti akan merasakan mudahnya untuk mengatur banyak orang. Hal tersebut akan susah dilakukan ketka kamu sama sekali tidak memiliki pengalam berorganisasi.

Baca Juga: Apakah Penting Bagi Kita dalam Membangun Karakter Mahasiswa dalam Organisasi?

Maka dengan kita berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif.***

Penulis: Mahasiswi Dika Ayu Pramesti Program Studi Komunikasi Pnyiaran Islam STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: NuansaIslam.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x