Kapan Malam 1 Suro 2022, Hari Apa dan Tanggal Berapa? Ini Makna dan Peristiwa Bersejarah Bulan Muharrom

- 22 Juli 2022, 22:30 WIB
 Ilustrasi kirab malam 1 Suro di daerah Jawa
Ilustrasi kirab malam 1 Suro di daerah Jawa /Kemdikbud.go.id

BERITA BANTUL - Muharram adalah salah satu bulan istimewa di dalam sejarah islam pada tahun 2022 ini,  1 muharram atau Suro jatuh pada hari Sabtu.

Satu Muharrom terkenal dengan keramatnya bagi sebagian masyarakat jawa yang masih mengikuti tradisi keraton.

Tentu tidak mengesampingkan itu tentu banyak kemuliaan yang terjadi pada bulan Suro yang menjadi tahun baru ummat islam.

Baca Juga: Sayyidina Husein di Tanah Karbala 10 Suro, Terjadi Hujan Air Mata di Langit Dunia

Berdasarkan kalender Jawa 1 Suro 2022 jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 yang merupakan akhir bulan Juli dan bertepatan hari Sabtu, artinya malam satu suro jatuh pada malam Sabtu.

Jika menilik dari kalender Islam, 1 Suro 2022 yakni tanggal 30 Juli 2022 juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1444 H dan pada 1 Muharram adalah diperingati sebagai tahun baru bagi umat Islam.

Dirangkum BeritaBantul.com dalam kanal YouTube Selintas Saur, membagikan makna dan peristiwa penting dalam bulan Muharram.

Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram gimana dosa atau amalan seseorang akan dilipatgandakan ganjarannya.

Maka dari itu pada bulan muharram yang curkan untuk memperbanyak amalan seperti berpuasa dan sebisa mungkin menghindari perbuatan dosa dan  maksiat.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x