Pelestarian Lingkungan Alam dan Lingkungan Global

- 23 Desember 2022, 11:20 WIB
Pelestarian Lingkungan Alam dan Lingkungan Global
Pelestarian Lingkungan Alam dan Lingkungan Global /pixabay/

LINGKUNGAN - Lingkungan tak terhitung banyaknya, namun kepercayaan pada satu lingkungan global tampaknya tidak terelakan.

Pada dasarnya suatu lingkungan hanya ada karena dihuni suatu organisasi.

Oleh karena itu, sepetak ladang adalah lingkungan bagi seekor sapi, segumpal, kotoran sapi merupakan lingkungan bagi seekor kumbang kotoran dan cangkang kumbang-kotoran adalah lingkungan bagi seekor kutu parasit.

Baca Juga: Menikah Dilandasi Saling Mencintai, Tapi Sering Tengkar Sampai Perceraian? Ini Jawaban Ustadz Ujang Busthomi

Berdasarkan arti lingkungan ini, yang berasal dari ilmu-ilmu biologi, tiap kelompok manusia dan individu mempunyai lingkungannya sendiri dan masing-masing membentuk bagian lingkungan bagi banyak makhluk lainnya.

Namun menurut pengarang yang sama, lingkungan juga di gunakan dalam arti ekosistem suatu sistem interaksi antara organisme-organisme hidup dengan unsur-unsur tak hidup.

Karena suatu ekosistem biasanya dipikirkan sebagai hal yang terjadi di dalam suatu wilayah yang memuat diri dan terbatas, dan karena pengisolasian secara lengkap dari sebagian besar wilayah adalah hal yang mustahil.

Makanya, dapat dikatakan bahwa Bumi itu sendiri adalah satu-satunya ekosistem yang nyata.

Oleh karena itu, ada ketegangan yang dihasilkan oleh konsep lingkungan itu sendiri; dan ketegangan ini akan relevan bila kita menangani masalah-masalah lingkungan dan solusi-solusinya.

Disini juga terdapat konsep lingkungan. Seperti telah ditulis Nigel Dower, kita mempunyai konsep lingkungan yang intensional maupun yang objektif.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x