Keutamaan dan Pahala Baca Surat Yasin di Malam Jum'at

- 23 Maret 2022, 14:09 WIB
Keutamaan dan Pahala Baca Surat Yasin di Malam Jum'at
Keutamaan dan Pahala Baca Surat Yasin di Malam Jum'at /kolase facebook/udin/

BERITA BANTUL - Malam Jum'at bagi umat Islam punya makna khusus, karena hari Jum'at adalah penghulu hari dalam satu pekan. 

Surat Yasin adalah hatinya Al-Qur'an (qolbul qur'an), makanya tradisi baca yasin atau yasinan sudah melekat dalam budaya umat Islam di Indonesia. 

Malam Jum'at lebih spesial lagi, karena rutinan masyarakat jalani baca yasin dan tahlil biasanya dilaksanakan malam Jum'at.

Baca Juga: Surah Yasin Lengkap Ayat 1-83, Hanya Latin Saja, Sangat Mudah untuk Dibaca

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, dijelaskan dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi al-Dimasqi bahwa ada bacaan utama di malam Jum'at dari beberapa surat Al-Qur'an.

Penjelasan itu langsung bersumber dari hadits Nabi Muhammad SAW.

Pertama, Baca Yasin Maka Dosa Diampuni.

 “Kami (kalangan perawi hadits) meriwayatkan banyak hadits tentang membaca surat-surat (tertentu) di hari dan malam Jum'at, diantaranya Surat Yasin, Surat Al-Mulk, Surat Waqi’ah dan Surat Ad-Dukhon.

Baca Juga: Dahsyatnya Baca Yasin 41 Kali, Cukup 1 Tujuan Saja, Ijazah Doa Kyai Ghofur Sunan Drajat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW: “Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jum'at dengan mengharap ridho Allah, diampuni dosanya” (HR. Ibnu Sinni dalam bab amalan di hari dan malam Jum'at).

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x