Jika Tidak Bisa Bangun Malam untuk Tahajud Itu Tidak Apa-Apa, Ada Efek Baiknya Juga menurut Gus Baha

- 30 Juni 2022, 16:30 WIB
Bangun malam menunaikan shalat tahajud
Bangun malam menunaikan shalat tahajud /Foto: Pexels/Ali Arapoğlu/

BERITA BANTUL – Bangun malam untuk menunaikan shalat tahajud atau shalat malam lainnya itu sangat bagus. Dalam ajaran Islam hal itu sangat dianjurkan, disunahkan.

Akan tetapi, jika itu terasa sulit, maka juga tidak apa-apa karena hal itu bukan ibadah yang wajib. Menurut Gus Baha, tidak bisa bangun malam untuk tahajud pun tidak apa-apa.

Efek baiknya tidak bisa bangun malam itu tetap ada. Jadi, kebaikan itu tidak hanya terdapat pada bisa bangun malam, yang tidak bisa pun baik. Mengapa demikian?

Bangun malam bagi sebagian orang Islam memang sangat sulit. Terlebih lagi setelah seharian bekerja membanting tulang atau melakukan berbagai aktivitas yang menguras banyak energi, bangun malam terasa sulit.

Baca Juga: Lakukan Sunnah Ini Sebelum Sholat Jum'at, Ustadz Adi Hidayat: Pahalanya Setara Sholat Tahajud Setahun Penuh

Oleh karena itu, Islam tidak mewajibkan beribadah di malam hari, pada waktu istirahat. Sejatinya, Allah memang menciptakan malam hari itu agar manusia bisa beristirahat.

Beberapa ayat Al-Qur’an telah menyinggung hal yang demikian ini, bahwa siang digunakan untuk berkativitas dan malam digunakan untuk beristirahat.

Hanya saja, jika malam itu bisa digunakan untuk beribadah, maka itu suatu kebajikan. Ada pahala khusus yang diberikan Allah kepada ia yang bisa bangun malam kemudian beribadah kepada-Nya.

Akan tetapi, hukum dari ibadah tersebut tetap sekadar sunah. Akan menjadi sangat memberatkan jika bangun malam untuk shalat tahajud itu diwajibkan.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x