Kronologi Tragedi Karbala, Terpenggalnya Kepala Sayyidina Husein Cucu Rasulullah, Jangan Baca Jika Tak Sanggup

- 12 Juli 2022, 13:00 WIB
Kronologi Tragedi Karbala, Terpenggalnya Kepala Sayyidina Husain Cucu Rasulullah, Jangan Baca Jika Tak Sanggup
Kronologi Tragedi Karbala, Terpenggalnya Kepala Sayyidina Husain Cucu Rasulullah, Jangan Baca Jika Tak Sanggup /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Peristiwa pembunuhan cucu Rasulullah Saw beserta rombongannya oleh pasukan Yazid dikenal dengan tragedi Karbala.

Peristiwa kelam tersebut menjadi pengingat tentang kejamnya politik hingga menwaskan cucu kesayangan Rasulullah, yakni Sayyidina Husein.

Peristiwa tersebut terjadi di Kufah pada tanggal 10 Muharram tahun ke 61 Hijariyyah, peristiwa tersebut menjadi peristiwa yang sangat menyedihkan bagi umat Islam.

Baca Juga: Karomah Makam Sayyidina Husein Cucu Rasulullah yang Dirasakan Syekh Sya'rawi Mesir

Lantas bagaimana sebenarnya kronologi kejadian peristiwa Karbala tersebut, sebagaimana dilansir Beritabantul.com dari laman PWMU.CO, berikut ini adalah kronologi peristiwa Karbala selengkapnya.

Di tahun 680 M, Yazid yang berusia 33 tahun naik tahta menjadi khalifah Bani Umayah di Damaskus. Dia menggantikan ayahnya, Mu’awiyah bin Abu Sufyan, yang meninggal.

Namun pelantikan Khalifah Yazid kurang mulus. Penduduk negeri Hijaz dan Kufah bergejolak. Di Madinah masih ada tokoh-tokoh ahlul bait yang menjadi panutan penduduk negeri itu.

Seperti Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Abbas, dan Husein bin Ali bin Abi Thalib yang menolak baiat kepadanya.

Mengutip sejarawan ath-Thabari, Prof Dr Ahmad Syalabi dalam buku Sejarah dan Kebudayaan Islam menceritakan, Yazid minta Gubernur Madinah Al Walid bin Utbah bin Abi Sufyan menangkap mereka.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: PWMU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x