Bahagianya Mayit di Alam Kubur Saat Dikirimi Doa, Bahkan Sampai Rebutan Kata Gus Baha

- 27 Desember 2022, 20:34 WIB
Secara umum banyak yang menyebutkan bahwa di alam kubur, orang yang meninggal bisa mendapatkan kenikmatan atau bisa juga mendapatkan siksa.
Secara umum banyak yang menyebutkan bahwa di alam kubur, orang yang meninggal bisa mendapatkan kenikmatan atau bisa juga mendapatkan siksa. /

HIKMAH - Bahagianya Mayit di Alam Kubur Saat Dikirimi Doa, Bahkan Sampai Rebutan Kata Gus Baha.

Ketika manusia diambil nyawanya, maka ia segera masuk di alam kubur atau alam barzakh. Mayit sudah tak bisa lagi melakukan ibadah dan amal sholih.

Tapi bagi Gus Baha, mayit tersebut tetap bisa merasakan nikmatnya doa dan kiriman sedekah dari keluarga saat di alam barzakh atau alam kubur. 

Baca Juga: Kirim Doa untuk Mayit di Alam Kubur Apakah Sampai? Begini Jawaban Cerdas Gus Baha

Bagaimana sebenarnya kondisi mayit saat di alam barzakh atau alam kubur itu?

Gus Baha menegaskan bahwa alam barzakh dan alam akhirat adalah dua alam yang berbeda. Alam akhirat saat nanti sudah terjadi kiamat. 

 

"Kalau di kuburan, itu masih dinamakan alam barzakh, alam barzakh itu belum masuk akhirat," kata Gus Baha. 

Dari sini, lanjut Gus Baha, beberapa ayat Al Qur'an yang menjelaskan tidak ada guna amal dan doa itu ditujukan untuk alam akhirat, bukan alam barzakh.

"Berhubung belum masuk akhirat, ayat-ayat soal tidak bergunanya amal itu tentang mayit yang posisinya di akhirat, bukan mayit yang posisinya di alam barzah," tegas Gus Baha. 

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x