PENTING! Jangan berpuasa Ramadhan Jika Belum Memenuhi Syarat, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- 30 Maret 2022, 20:17 WIB
Syarat Wajib Puasa Ramadhan
Syarat Wajib Puasa Ramadhan /Tangkap Layar Youtube/@Adi Hidayat Official/

BERITA BANTUL- Puasa Ramadhan merupakan ibadah khusus yang hanya ada 1 kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Ramadhan.

Namun demikian, tidak semua ummat Islam dapat melaksanakannya. Hal tersebut dikarenakan ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mendapat kewajiban berpuasa tersebut.

Syarat wajib puasa bagi kaum muslimin, sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari kanal You Tub Adi Hidayat Official yang diunggah pada tanggal 20 Februari 2022 adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bacaan Doa Kamilin Setelah Shalat Tarawih Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Adapun Syarat wajib puasa yang dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam video tersebut adalah:

Pertama: Sampai pada usia baligh, yaitu batas yang menjadikan seorang muslim mendapat ujian yang dinamakan taklif dalam kehidupannya, berlaku hisab, berlaku timbangan karena ada kematangan dalam dirinya.

Hal tersebut ditandai dengan perempuan tiba masa haidnya atau laki-laki telah bermimpi tertentu yang di isyaratkan dalam bentuk hubungan seksual, dengan itu dia ditandai telah sampai pada usia baligh.

Kedua: Adanya kemampuan, yaitu apabila seseorang sudah sampai pada usia baligh dan mewajibkan ia berpuasa, maka teriring dengan itu juga mesti ada kemampuan sehingga ia mampu menuaikan ibadah puasa.

Hal tersebut adalah betuk kasih yang dihadirkan oleh Allah SWT. Sekaligus menunjukkan kemudahan dalam syariat Islam. Islam tidak datang membawa beban, tetapi Islam datang membawa pendampingan.

Halaman:

Editor: Amrullah

Sumber: You Tube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah