Apakah Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari? Mari Simak dengan Seksama

- 26 November 2022, 22:17 WIB
Lima Keutamaan Surat Yasin, Nomor 5 Jadi Cita-cita Semua Umat Islam
Lima Keutamaan Surat Yasin, Nomor 5 Jadi Cita-cita Semua Umat Islam /Pixabay

RELIGION - Apakah Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari? Mari Simak dengan Seksama.

Al-Qur’an merupakan kitab suci utama dalam agama Islam, setiap muslim, meyakini bahwa al-Qur’an adalah pedoman hidupnya.

Umat muslim percaya bahwa al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. Setiap muslim penting untuk memiliki waktu khusus untuk membacanya.

Baca Juga: Melawan Setan Itu dengan Guyon Kata Gus Baha, agar Setan Bisa Kejang-Kejang

Rasulullah SAW, bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” [HR. At-Tirmidzi].

Keutamaan selanjutnya adalah memberi syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah Saw bersabda, “Bacalah al-Qur’an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.”

“hadist ini memerintahkan agar mnjaikan al-Qur’an sebagai bacaan utama harian kita. Kelak al-Qur’an akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia.”

Karena bagi yang membaca al-qur’an, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat.

Baca Juga: Hadir di Tegalrejo Magelang, Gus Ghofur Maimoen Jelaskan 6 Tugas Majelis Masyayikh

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah