Puisi Rendra Tentang Kehidupan yang Melegenda Berjdul 'Sajak Potret Keluarga'

- 18 Mei 2022, 21:45 WIB
Penyair dan sastrawan, Ws Rendra
Penyair dan sastrawan, Ws Rendra /Tangkapan Layar Kanal YouTube/Shaumi/

BERITA BANTUL - Ws Rendra sastrawan asal Indonesi yang sangat luar biasa karena karya-karyanya yang sangat fenomenal.

Willibrordus Surendra Broto, dikenal luas dengan nama W.S. Rendra, lahir di Surakarta (Solo) pada tanggal 7 November 1935 dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah.

Mengutip Harlina Indijati dan Abdul Murad dalam Biografi Pengarang Rendra dan Karyanya (1996), “dari nama-nama itu dapat ditebak bahwa WS. Rendra berasal dari keluarga Katolik yang dibesarkan di lingkungan budaya Jawa”.

Baca Juga: Sajak Doa Orang Lapar, Puisi Rendra yang Menggelegar

Rendra merupakan salah satu seniman puisi dan teater yang terkenal di Indonesia. Dari tangan dinginnya, banyak karya-karya sastra fenomenal yang terlahir mengikuti zaman.

Sejak muda, Rendra sudah aktif menulis puisi, skenario drama, cerpen, dan esai sastra di berbagai media massa. Semasa hidupnya, WS Rendra banyak menghasilkan karya yang mengkritik rezim (Orde Baru) saat itu.

Rendra mendapat julukan sebagai “Si Burung Merak” karena penampilannya yang selalu penuh dengan pesona. Julukan ini didapat saat ia menjamu seorang rekannya dari Australia di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Terdapat dua versi dalam cerita ini. Pertama, Rendra berkata secara spontan, “Itu Rendra! Itu Rendra!” ketika melihat seekor burung merak berjalan bersama dua betinanya. Kedua, temannya yang berasal dari Australia lah yang mengatakan  “Itu Rendra!”. Bagaimana pun, dari peristiwa itu, julukan Si Burung Merak melekat dengan sosok WS Rendra.

Baca Juga: Baca dan Resapi Puisi Ws Rendra Tentang Cinta 'Surat Kepada Bunda Tentang Calon Menantunya '

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x