Peristiwa Karbala Pernah Jadi Inspirasi Teater Senapati Bandung

- 2 Agustus 2022, 12:42 WIB
Peristiwa Karbala Pernah Jadi Inspirasi  Teater Senapati Bandung
Peristiwa Karbala Pernah Jadi Inspirasi Teater Senapati Bandung /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Peristiwa Karbala yang membuat Sayyidina Husein cucu Rasulullah terbunuh pernah jadi inspirasi  Teater Senapati Bandung.

Wafatnya Sayyidina Husein di Karbala menjadi peristiwa sangat memilukan dalam sejarah Islam, sehingga terus dikenang sepanjang masa. 

Teater Senapati Bandung menjadikan peristiwa Karbala sebagai inspirasi untuk pentas yang mengingatkan publik tentangnya. 

Baca Juga: Jadi Saksi Wafatnya Sayyidina Husein Cucu Rasulullah, Karbala Jadi Kota Terkaya di Irak

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, sepeninggal Rasullullah SAW, pada pertengahan abad pertama hijriyah, pasca kekhalifahan Abu Bakar bin Abu Quhafah, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Imam Ali bin Thalib, terjadi kekisruhan di tanah Arab.

Muawiyah bin Abi Sufyan yang tadinya menjabat gubernur Syam (Suriah) atas pilihan Utsman bin Affan, mengangkat dirinya sebagai khalifah setelah berhasil menyingkirkan khalifah yang sah, Imam Hasan bin Ali yang menggantikan Imam Ali dan berbasis di Madinah.

Kemelut tampuk kepemimpinan di jazirah Arab semakin menjadi manakala Muawiyah menemui ajalnya, anaknya yang bernama Yazid bin Muawiyah menggantikan kedudukannya.

Seperti Muawiyah, ayahnya, karena naik tanpa restu pemimpin umat, Yazid mencari dukungan dengan cara paksa dari umat.

Baca Juga: Sayyidah Zainab Cucu Rasulullah, Perempuan yang Diberi Nama Langsung oleh Allah Melalui Malaikat Jibril

Di pihak lain, putra Fatimah Azzahra dan cucu tercinta Rasul, Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib yang tinggal di Madinah, sebagai tokoh yang paling berpengaruh di tengah umat, menjadi sasaran Yazid.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x