Terjadi Ketidakadilan Pada Warga Jakarta, Terbukti Pada Film Dokumenter Ini, Review Film “Jakarta Unfair”

- 30 November 2022, 21:35 WIB
Latar film/Jakarta Unfair
Latar film/Jakarta Unfair /

 

BUDAYA-Ada review film dokumenter yang disusun oleh mahasiswa, yang menggambarkan fakta kondisi masyarakat di Indonesia yang memprihatinkan.

Memang benar, antara pemerintah dengan rakyat Indonesia tidak seluruhnya sinkron. Bagaimana tidak? Keadilan mereka hanya dilihat dalam satu sisi saja.

Terbukti pada film dokumenter tentang pergusuran rumah warga di sekitar Sungai Ciliwung. Penasaran seperti apa reviewnya, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: Jangan Terlalu Ingin Dipandang Kaya, Tahu Sendiri Akibatnya, Review Film Pendek 'Wang Sinawang'

Film Jakarta Unfair merupakan film dokumenter tentang situasi masyarakat di Jakarta. Film ini disusun atau di sutradarai oleh beberapa mahasiswa yaitu Sindy Febriyani dan Dhuha Ramadhani (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia).

Mereka terinspirasi membuat film ini dengan alasan adanya pergusuran dari pemerintah sebagai penertiban di wilayah Jakarta untuk menghindari/mengurangi adanya bencana-bencana seperti banjir.

Menurut laporan LBH Jakarta, Pemprov Jakarta telah melakukan 113 kali pergusuran selama tahun 2015 dan 325 titik terancam digusur tahun 2016.

Setidaknya 70 ℅ pergusuran dilakukan sepihak dan tanpa solusi yang sepadan. Pemerintah tidak memikirkan keadaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya setelah masyarakat digusur.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x