Anda Menyerah Dalam Hidup Karena Banyak Masalah! Ini Solusinya, Motivasi Ning Jazil

- 9 November 2022, 14:35 WIB
Al-Ghazali berani mengambil kembali bukunya yang dirampok
Al-Ghazali berani mengambil kembali bukunya yang dirampok /pixabay/moshehar

Ketika banyak masalah, terkadang kita ingin menyerah karena lelahnya merasakan hidup di dunia.

Menurut saya, hal ini wajar terjadi. Karena hidup memang tidak hanya manis saja yang dirasakan. Melainkan rasa pahit dalam hidup sering juga terjadi.

Manusia tentu memiliki sebuah dorongan dalam melawan rasa menyerah tersebut. Seperti kata-kata motivasi dari seseorang yang disukai. Misalnya yang saya sebutkan dibawah ini.

Baca Juga: Apa Tujuan R20? Petik Postingan Instagram Ketua PBNU Tentang Upaya Kegiatan R20

Dalam tulisan ini saya ingin menuangkan sebuah isi buku yang pernah saya baca, yang berjudul “Catatan Zilhb” karya Ning Jazilah Annahdliyah, salah satu pengasuh di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri. Dalam buku ini berisi tentang motivasi-motivasi hidup yang lahir dari tulisan-tulisan yang beliau simpan dalam catatan HP-nya. Berikut motivasi hidup yang dicatat beliau, diantaranya adalah :

“Saat kita tidak menemukan solusi untuk masalah yang kita hadapi, mungkin bukan masalah yang perlu dipecahkan, tapi kenyataan yang harus diterima. Karena tanpa kita sadari, bisa membuat kita semakin dewasa dan bijaksana.”

“Di dunia ini tidak ada kesedihan yang abadi, tidak ada kebahagiaan yang abadi, begitu pula kesusahan dan kenyamanan. Akan tetapi, jika engkau hidup dengan hati yang menerima, ridho dan bersyukur akan setiap ketetapan dan pemberian Allah SWT, maka engkau hidup bagai raja yang menguasai seluruh dunia.” (Imam Syafi’i)

“Bukan beratnya ujian yang membuat kita lemah, tapi renggangnya hubungan kita dengan Allah lah yang menyebabkan seakan kita tidak mampu untuk menanggungnya.”

“Tak ada yang kebetulan di dunia ini semua terjadi atas izin Allah. Semua yang datang dan pergi dalam hidup kita sudah menjadi bagian dari takdir Allah. Sesuatu yang baik, melatih kita untuk bersyukur. Sesuatu yang kurang baik, melatih kita untuk bersabar. Hidup memang sesimple itu.”

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: pikiran-rakyat.com Akhirnya yang manis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x