Menjadi Karyawan Hebat dengan Berpikir Positif terhadap Orang Lain dan Situasi

- 3 Januari 2023, 10:02 WIB
Ini Jam Kerja ASN Provinsi Jabar di Bulan Ramadhan 2022
Ini Jam Kerja ASN Provinsi Jabar di Bulan Ramadhan 2022 /bkpp.sumbabaratkab.go.id/

GAYA HIDUP - Coba sejenak renungkan dan tanyakan pada diri sendiri, manakah yang lebih sering datang antara berpikir positif dan negatif dalam diri?

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian orang masih kesulitan menyadari dan mengendalikan arah pikiran.

Kita begitu mudahnya berpikir negatif dan begitu sulit selalu berpikir positif. Padahal, jika ditanya yang lebih baik antara  berpikir positif dan negatif, jawaban kita pastilah seragam, bukan?

Kenyataannya, di lingkup aktivitas kita sehari-hari, baik di kantor, sekolah, maupun tempat tinggal, begitu mudahnya kita menaruh kecurigaan dan kebencian terhadap orang lain.

Misalnya, menganggap rekan kerja sebagai saingan yang dapat mengancam karier, menganggapnya selalu ikut campur urusan kehidupan kita, dan semacamnya.

Akibatnya, kita tidak bisa bekerja sama dengan baik. Suasana lingkungan kerja terasa tidak menyenangkan dan tidak nyaman.

Jika situasi ini terus berlanjut dalam waktu agak lama, maka memungkinkan terjadi intrik untuk saling menjatuhkan.

Bila sudah demikian, maka performa kita menurun dan produktivitas kerja berkurang. “Perang batin” yang terus menerus ini juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan kita. Pada akhirnya, kita sendirilah yang merugi.

Padahal, jika mau berpikir positif kepada orang lain, maka kita akan menganggapnya sebagai orang yang sangat mendukung karier.

Suasana semacam ini justru menguntungkan, menciptakan sinergi dan kerja sama dalam menjalankan pekerjaan kantor.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x