Amalan yang Dilakukan Rasulullah Sebelum Tidur, Agar Badan Sehat dan Segar di Pagi Hari

- 6 Februari 2022, 01:30 WIB
Ilustrasi membaca doa sebelum tidur.
Ilustrasi membaca doa sebelum tidur. /PIXABAY

BERITA BANTUL - Kesehatan merupakan hal yang  paling penting bagi kehidupan manusia, tentunya selain makan-makanan yang sehat, tidur secara rutin juga bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Tentunya, dengan tidur 8 jam di waktu malam hari agar besok ketika di pagi hari bisa bangun tepat waktu dan badan tetap segar melakukan aktifitas.

Di zaman sekarang itu jarang orang yang melakukan ritual sebelum tidur, kebanyakan dari mereka langsung melemparkan diri di kasur atau sofa lalu memejamkan mata atau buka hape sambil menunggu kantuk.

Baca Juga: Tujuh Kunci Sukses KH Maimoen Zubair Berhasil Menjadikan Anak dan Santrinya Menjadi Ulama Besar

Baca Juga: Saran Buya Yahya untuk Jamaah yang Minta Doa Terkait Jodoh, Jawabannya 'Segeralah Menikah'

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari NU Online masih ada sebagian orang yang mengamalkan amalan jelang tidur yang diwariskan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana Rasulullah SAW mengamalkan surat Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sekali sebelum tidur.

Setelah itu Rasulullah meniup kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum diusapkan di sekujur badannya. Setelah mengusap sekujur badan, Rasulullah membaca doa sebagai berikut.


بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah