Tujuh Kunci Sukses KH Maimoen Zubair Berhasil Menjadikan Anak dan Santrinya Menjadi Ulama Besar

- 6 Februari 2022, 00:58 WIB
Tujuh Kunci Sukses KH Maimoen Zubair Berhasil Menjadikan Anak dan Santrinya Menjadi Ulama Besar
Tujuh Kunci Sukses KH Maimoen Zubair Berhasil Menjadikan Anak dan Santrinya Menjadi Ulama Besar /Ahmad Lailatus Sibyan/Tangkapan Layar Instagram/ @kanthongumur

BERITA BANTUL – Syaikhina KH. Maimoen Zubair merupakan salah satu ulama’ yang sangat masyhur di Indonesia bahkan Dunia. Beliau merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang.

KH. Maimoen Zubair wafat pada tanggal 6 Agustus 2019 saat melaksanakan ibadah Haji di Makkah Al Mukarromah. Mbah Moen kemudian di makamkan di Pemakaman Ma’la Makkah Arab Saudi.

Namun walaupun Mbah Moen sudah meninggalkan kita semua, semangat beliau dalam memberikan contoh kepada masyarakat masih sangat kita rasakan. Mbah Moen berhasil mendidik putra putrinya menjadi ulama-ulama besar.

Baca Juga: Gus Baha Kisahkan Humor Mbah Moen dengan Santri Lugunya

Berikut ini 7 kunci rahasia Mbah Moen dalam mendidik putra putrinya sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook Jamal Pati yang merupakan Wakil Ketua PCNU Pati Jawa Tengah diunggah pada 13 Agustus 2019.

1. Peran Ibu sangat sentral

KH. Maimoen Zubair selalu menekankan kepada para santrinya untuk mencari istri shalehah yang ahli riyadlah (tirakat). Istri Sholehah tidak begitu kedonyan (tidak tergila dunia), tapi menjadikan dunia sebagai wasilah (sarana) beribadah dan berjuang.

Kiai Sadid Jauhari Jember pernah cerita kepada Penulis saat Munas Konbes NU 2012 di Kempek Cirebon, bahwa dari jalur ayah, keluarga Kiai Maimun orang biasa. Namun Ada Mbahnya yang ahli riyadhoh, seperti banyak puasa, shalat malam istiqamah, banyak berdoa, dan cinta ulama.

Potret istri Kiai Maimoen Zubair adalah perempuan yang cinta ilmu, ahli riyadhoh, dan cinta ulama sehingga anak-anaknya tumbuh sebagai generasi-generasi Islam yang cinta ilmu dan cinta ulama.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x