Gus Abdullah Umar Fayumi Kajen, Sosok Cerdas dan Sangat Peduli dengan Orang Lain

- 31 Agustus 2023, 22:57 WIB
Gus Abdullah Umar Fayumi , Sosok Cerdan dan Sangat Peduli dengan Orang Lain
Gus Abdullah Umar Fayumi , Sosok Cerdan dan Sangat Peduli dengan Orang Lain /

TOKOH - Gus Abdullah Umar Fayumi Kajen, Sosok Cerdas dan Sangat Peduli dengan Orang Lain.

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, kabar duka wafatnya KH. Abdullah Umar Bin KH. Achmad Fayumi meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat dan para rekan.

Sosok Gus Umar sapaan akrabnya, dikenal sangat peduli dengan orang lain, cerdas, ramah dan sangat santai. Kepergian Gus Umar menyisakan banyak kenangan bagi sahabat yang telah lama mengenal sosok Kiai Muda Kajen itu.

Salah satunya diceritakan oleh Nyai Umdah El Baroroh, Pengasuh Pondok Pesantren Mansajul Ulum Pati, sebagaimana yang diunggah dalam media sosialnya, berikut ini: 

Baca Juga: Innalillahi KH Abdullah Umar Fayumi, Pengasuh Pon Pes Raudlatul Ulum Kajen Wafat

Duka mendalam atas wafatnya Gus Abdullah Umar Fayumi. Beliau adalah adik kandung Mbk Badriyah Fayumi. Di Aliyah dulu seangkatan dengan saya. Meski teman seangkatan, tapi kami ga pernah saling ketemu. Karena tempat dan waktu sekolahnya yg terpisah.

Hingga suatu ketika di bazar HSM, saat saya melihat2 buku, tiba2 ada yg menyapaku. "Nyari buku apa, Ning?" Saya kaget. Tapi meski tidak pernah ketemu, saya sudah menyangka ini namanya Gus Umar. Cuma saya masih ragu apakah ini benar Gus Umar atau Gus Ismail, kakaknya. Mau nanya tentu malu.

Gus Umar terkenal orang yg sangat peduli kpd orang lain. Orangnya ramah, baik, santai, dan cerdas. Saat saya pulang pertama kali ke kampung, beliaulah yg pertamakali menggandeng saya utk berkiprah di Kajen. Beliau memberikan kepercayaan kpdku utk mengajar di LPBA Kajen. Ga tanggung2, saat itu saya disodori ngajar Ushul Fiqh.

Rasanya hampir tidak percaya, saat baru pulang ke Kajen setelah belasan tahun pergi, tiba2 diminta ngajar ushul fiqh di hadapan santri Kajen. Apalagi saya perempuan dan bukan jebolan pesantren manapun. Rasanya mustahil! Ilmu yg bergengsi di kalangan pesantren ini selama ini selalu menjadi otoritas laki2. Tapi dg legowonya Gus Umar mempercayakan kepada perempuan.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x