7 Karakter Istimewa KH Ahmad Fayumi Munji, Ulama Kajen Ahli Falak yang Kharismatik

- 4 September 2023, 11:11 WIB
7 Karakter Istimewa KH Ahmad Fayumi Munji, Ulama Kajen Ahli Falak yang Kharismatik
7 Karakter Istimewa KH Ahmad Fayumi Munji, Ulama Kajen Ahli Falak yang Kharismatik /

TOKOH - 7 Karakter Istimewa KH Ahmad Fayumi Munji, Ulama Kajen Ahli Falak yang Kharismatik.

Ulama-ulama Kajen mayoritas lahir dari jalur biologis dan ideologis Syekh Mutamakkin yang makamnya selaku ramai peziarah. 

Salah satu keturunannya adalah KH Ahmad Fayumi Munji, sosok ulama ahli falak yang juga pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Kajen Pati.

Baca Juga: Gus Abdullah Umar Fayumi Kajen, Sosok Cerdas dan Sangat Peduli dengan Orang Lain

Menurut pengakuan Dr KH Jamal Ma'mur Asmani, KH Ahmad Fayumi Munji dikenal sosok ilmuan sejati dan aktivis organisasi.

"KH Ahmad Fayumi Munji adalah sosok kiai yang kemampuannya multi dimensi. Selain pakar di bidang fiqh yang dibuktikan dengan aktivitasnya dalam forum bahtsul masail diniyah di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU), beliau juga ahli falak yang hasil hitungan falaknya menjadi rujukan umat, khususnya dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal," tegas Kiai Jamal yang juga santri KH Ahmad Fayumi Munji.

Kiai Jamal yang kini menjadi pengurus PCNU Pati menegaskan, KH Ahmad Fayumi rajin ke masjid Kajen untuk membetulkan waktu shalat sehingga pelaksanaan shalat bisa tepat waktu.

"Saya pernah diajari secara pribadi ilmu falak ini, tapi karena memang bukan ahlinya, sampai sekarang masih belum mampu. Hal ini menunjukkan Kiai Fayumi sangat senang jika ilmunya berhasil diwarisi para santrinya. Memang sampai sekarang, ilmu falak termasuk ilmu yang langka. Hanya orang-orang tertentu yang mampu memahami ilmu ini," terang Kiai Jamal yang juga alumnus Perguruan Islam Mathaliul Falah Kajen.

Baca Juga: Innalillahi KH Abdullah Umar Fayumi, Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Kajen Wafat

Kiai Jamal mengaku mendapat kesempatan bisa belajar di pondok pesantren asuhan Kiai Fayumi, yaitu Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kajen Tengah selama kurang lebih 3 tahun.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x