Kunci Sukses Belajar KH Maimoen Zubair Sarang, Termasuk Cara Belajar Sambungkan Ruh dan Jasad dengan Guru

- 5 Februari 2022, 15:30 WIB
Cara Sukses Belajar Mbah Moen Sarang Rembang
Cara Sukses Belajar Mbah Moen Sarang Rembang /facebook amirul ulum/

BERITA BANTUL - KH Maimoen Zubair Sarang Rembang dikenal luas sebagai salah satu tokoh besar bangsa Indonesia. Walaupun wafat dan dimakamkan di Makkah, namanya terus dijadikan rujukan umat dalam berbagai persoalan keagamaan dan kebangsaan. 

Sosok Mbah Moen, sapaan akrabnya, dekat dengan siapa saja, mulai pejabat tinggi sampai warga biasa di pelosok desa. 

Kisah hidup Mbah Moen memang penuh keteladanan, menjadi inspirasi siapa saja yang mengenalnya, apalagi bagi para santrinya. 

Baca Juga: Kisah Para Tokoh Bangsa Jin Meminta Solusi Kepada Habib Luthfi Bin Yahya

Baca Juga: Doa Toko Ramai Dagangan Ludes Semua dari Kiai Abdul Ghofur Sunan Drajat Lamongan

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook Amirul Ulum, penulis buku 'Mbah Moen, Kiai Perekat Bangsa' yang diunggah pada 25 November 2021, dijelaskan bahwa Mbah Moen punya rahasia dalam belajar.  

Bagi Amirul Ulum, syarat untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat dan barokah diantaranya adalah memuliakan ilmu dan ahlinya, para guru. Termasuk memuliakan seorang guru adalah memuliakan keturunannya, hal ini sebagaimana yang diajarkan dalam kitab Ta’lim al-Mutaallim karya Syaikh az-Zarnuji.

"Saat mencari ilmu, Mbah Moen dikenal sangat memuliakan guru-gurunya, baik ketika masih nyantri di Pesantren Sarang, Pesantren Lirboyo, atau saat menjalani dirasah (proses belajar) di Haramain (Makkah-Madinah)," tegas Ulum yang juga penulis buku-buku biografi ulama Nusantara itu.

Karena akhlaknya yang luhur dalam memuliakan ilmu dan ahlinya, lanjut Ulum, maka tidak mengherankan jika para masyayikh menjadi akrab dengan Mbah Moen.

Baca Juga: 3 Sanad Kemursyidan KH Maimoen Zubair Sarang Rembang

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x