Jangan Jadikan Sumber Fitnah, Pahami Lensa Keadilan Hakiki bagi Perempuan!

- 5 Februari 2022, 13:13 WIB
Jangan Jadikan Sumber Fitnah
Jangan Jadikan Sumber Fitnah /Ahmad Lailatus Sibyan/Tim Berita Bantul

BERITA BANTUL - Jangan menjadikan laki-laki sebagai standar tunggal atas kemaslahatan manusia. Harus juga melihat pengalaman perempuan untuk menentukan kemaslahatan.

Perempuan pun beragam, jangan jadikan standar satu-satunya perempuan atas
perempuan lainnya.

Harus punya pemahaman yang utuh, khususnya dalam lensa keadilan hakiki bagi perempuan.

Baca Juga: Hanya Orang Hina yang Menghinakan Perempuan, Nabi Beri 4 Kunci Surga Khusus Perempuan

Demikian ditegaskan Koordinator Lirbang PW Fatayat Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta Muyassarotul Hafidzoh dalam acara Sekolah Islam dan Gender (SIG) yang diselenggarakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ekuilibrium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga, di Magelang, Sabtu, 5 Februari 2022.

Muyassaroh menegaskan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi keadilan, Allah SWT Maha Adil. Al Quran adalah firman Allah, Al Quran pasti adil dan memiliki spirit keadilan.

"Rasulullah memiliki sifat amanah, yang di dalamnya ada unsur adil, maka hadis Rasulullah pasti juga memiliki spirit keadilan," tegas Muyas, panggilan akrabnya, yang juga penulis Novel Hilda.

Muyas menegaskan bahwa selama ini posisi perempuan dimaknai secara bias, seperti perempuan dinilai sebagai sumber fitnah.

"Tafsir atas ajaran agama selama ini bias, seperti perempuan lemah fisik, mental dan ingatannya, perempuan kurang akalnya karena setiap bulan haid, perempuan sumber fitnah, perempuan tidak bisa memimpin, dan nilai perempuan separuh lelaki dan seterusnya," tegas Muyas.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x