Kisah Malik bin Dinar dan Asal-Usul Gelarnya, Kekuasaan Allah yang Tampak pada Kekasih-Nya

- 3 Juni 2022, 22:42 WIB
/pixabay/moritz320/

BERITA BANTUL – Salah seorang murid Hasan Al-Basri yang cemerlang ialah Malik bin Dinar. Malik sendiri kemudian juga populer sebagaimana gurunya itu.

Namanya unik karena bergelar ibn dinar (putra uang dinar) atau al-dinari (yang berdinar). Namanya ialah Malik bin Dinar atau Malik Al-Dinari.

Malik bin Dinar yang berarti Malik putra dinar itu tidak berarti bahwa nama ayahnya adalah dinar. Ayahnya merupakan seorang budak namun Malik terlahir dalam kondisi merdeka.

Baca Juga: Bait-Bait Syair Imam Al-Syafi’i untuk Motivasi Kehidupan, Indah, Memesona, Menyentuh, dan Bikin Terenyuh

Sementara itu, Malik Al-Dinari itu pun bukan berarti Malik yang berasal dari suatu wilayah yang bernama dinar. Bukan seperti itu maksudnya.

Sebenarnya ada kisah yang menarik di balik gelarnya, ibn dinar atau al-dinari. Gelar tersebut memang berhubungan erat sekali dengan uang dinar, yakni uang koin emas sebagai alat barter atau transaksi jual-beli pada masa itu.

Dikutip dari buku berjudul Tadzkiratul Auliya (Zaman, 2018) karya Fariduddin Attar, disebutkan kisah asal-usul nama ibn dinar atau al-dinari. Begini kutipan kisahnya.

Baca Juga: 9 Kata Mutiara KH Maimoen Zubair tentang Al-Qur'an, Bacanya Seperti Dapat Cahaya dari Langit

Konon, pada suatu hari, Malik melakukan perjalan menggunakan kapal. Ketika kapal itu sudah berada jauh di tengah lautan, para pelaut menuntut ongkos.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah