Menjadi Pribadi yang Bermanfaat, Gus Baha: Termasuk Mengaku Kalah dari Orang yang Ingin Menang

- 5 Juli 2022, 17:30 WIB
Gus Baha
Gus Baha /Instagram.com/@gusbahaonline/

BERITA BANTUL – K.H. Bahauddin Nursalim, atau yang akrab disapa Gus Baha, pernah menyampaikan nasihat perihal menjadi pribadi yang bermanfaat.

Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain itu baik selagi tidak menimbulkan mudarat yang dilarang oleh syariat Islam.

Bermanfaat bagi orang lain itu juga termasuk kebajikan, pelajaran moral yang indah dalam berinteraksi sosial.

Ada banyak hal yang dilakukan yang itu bisa bermanfaat bagi orang lain. Bahkan mulai dari hal yang sangat remeh pun bisa bermanfaat.

Baca Juga: Begini Penjelasan M. Quraish Shihab agar Bisa Mimpi Bertemu Rasulullah Muhammad, Amalkan Baik-Baik

Menyingkirkan paku yang berada di tengah jalan itu pun bermanfaat buat orang lain. Hal itu menghindarkan orang yang mau melintas dari bahaya.

Kaki bisa terluka dan ban motor bisa bocor jika paku tersebut tidak disingkirkan. Oleh karena itu, menyingkirkan paku atau segala hal yang membahayakan dari jalan itu bermanfaat.

Bahkan kegiatan pasif pun bisa bermanfaat. Contohnya, ada seseorang yang ingin meluapkan isi hatinya. Kita hanya menjadi pendengar saja itu sudah bermanfaat.

Begitu banyak cara untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Asalkan itu berguna dan bermanfaat bagi orang lain, itu baik selagi tidak melanggar syariat.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x